Kooperasi Arab Saudi-Rusia Sebabkan Harga Minyak Dunia Naik

Kooperasi Arab Saudi-Rusia Sebabkan Harga Minyak Dunia Naik

184

Kooperasi Arab Saudi-Rusia Sebabkan Harga Minyak Dunia Naik

Setelah produsen Rusia dan Arab Saudi sepakat untuk berkerja sama dalam menstabilkan pasar minyak, harga minyak mentah dunia naik. Dilansir dari Reuters, Selasa (6/9/2016), harga minyak mentah brent untuk pengiriman November naik 44 sen per barel ke level USD47,27 per barel. Sebelumnya sempai mencapai sesi tinggi ke level USD49,40 dalam mengantisipasi kesepakatan Rusia-Arab.

Disamping itu, harga minyak Amerika Serikat untuk pengiriman bulan Oktober juga tertulis naik hingga 60 sen menjadi USD45,04 per barel, setelah mencapai level tinggi di posisi USD46,53 per barel.

Arab Saudi dan Rusia menyatakan mereka telah menandatangani kesepakatan untuk membangun sebuah gugus tugas untuk memantau fundamental pasar minyak dan merekomendasikan langkah-langkah dan tindakan yang akan mengamankan stabilitas pasar di sela-sela KTT G20 di China.
Menteri Energi Rusia Alexander Novak mengatakan, kedua negara bergerak ke kemitraan energi strategis dan tingkat kepercayaan yang tinggi akan memungkinkan mereka untuk mengatasi intikad global.

Di samping itu, Menteri Energi Saudi Khalid al-Falih mengatakan kepada UEA bahwa dia optimis mengenai kerja sama dengan produsen lain menjelang pertemuan pada bulan ini di Algiers, bahwa pembekuan produksi bukan satu – satunya jalan.

Menurut ekonom senior ABN Amro Hans van Cleef, intervensi verbal diperlukan untuk membuahkan pemulihan menuju harga minyak ke level USD50 per barel.
Jika harga tetap terlalu rendah menjelang pertemuan, ada risiko di beberapa titik Rusia dan Arab perlu untuk bertindak sebagai hal terakhir yang diinginkan selama Iran meningkatkan produksi.

Komentar

Loading...