Angka Target Partisipasi PILKADA 2017 Turun

Angka Target Partisipasi PILKADA 2017 Turun

177

Angka Target Partisipasi PILKADA 2017 Turun

Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengurangi sasaran keterlibatan masyarakat dalam Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA) di tahun 2017 mendatang. Sejumlah 101 pilkada di daerah nantinya, KPU menetapkan target hanya sebesar 77% dimana angka ini turun dari angka pilkada sebelumnya yaitu hingga 77,5% kontribusi dari masyarakat.

Komisioner KPU, Sigit Pamungkas menyatakan bahwa targetnya adalah 77% saat beliau ditemui di kantornya yang berada di Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat pada hari Rabu (7/9/2016).

Sigit mengharapkan target ini dapat dicapai di tengah terjadinya fenomena penurunan angka keikutsertaan warga akibat diterapkannya pembaharuan sistem dimana daftar pemilih menggunakan e-KTP.

Dari hasil rapat dengar pendapat (RDP) yang membahas tentang Peraturan KPU (PKPU) pemutakhiran diketahui memufakati proses pencocokan dan penelitian menggunakan basis data e-KTP.

Prosedur ini berbeda dengan proses coklit sebelumnya dilakukan dengan cara menunjukkan Kartu Keluarga (KK), atau dokumen kependudukan lain. Dengan perancangan yang sama, masyarakat yang belum mempunyai e-KTP hanya diberi ruang untuk bisa terdaftar dengan mengurus surat keterangan yang didapat dari dinas kependudukan dan catatan sipil (disdukcapil).

Dengan situasi masyarakat yang mayoritas belum terdaftar e-KTP, maka harus dicari solusi alternatif untuk memastikan orang yang belum memiliki e-KTP tetap dapat menggunakan hak pilih.

Komentar

Loading...