Hindari! 8 Penyebab Makanan Nyeri Haid

Hindari! 8 Penyebab Makanan Nyeri Haid

203

Para kaum wanita mengalami datang bulan di setiap periodenya. Rasa nyeri saat haid ini sering mengawani sehingga membuat kegiatan terganggu. Bahkan tidak sering kasusnya terjadi di kaum hawa, pada masa menstruasi ada yang sampai pingsan karena menahan sakit. Rasa nyeri atau ngilu yang muncul sebenarnya termasuk kejadian normal yang terjadi karena kontraksi dari rahim untuk meluruhkan dinding rahim ketika haid.

Sakit yang dialami pada saat haid diakibatkan oleh hormon Prostaglandin yang dikeluarkan saat menstruasi dan kapasitas seseorang dalam mengatasi rasa nyeri berbeda. Oleh sebab itu tidak semua wanita mengalami nyeri menstruasi. Maka untuk memadamkan atau mengurangi rasa nyeri ini, dianjurkan untuk tidak mengonsumsi makanan-makanan berikut :

  1. Jauhi makanan atau minuman yang memiliki kandungan berupa kafein. Kandungan kafein dalam teh, kopi atau minuman ringan ternyata dapat memperburuk kram saat menstruasi. Kafein akan menyempitkan pembuluh darah dan menaikkan tekanan darah. Karenanya sebisa mungkin hindari kafein selama menstruasi. Sama seperti kopi atau teh, cokelat ternyata juga mengandung kafein yang bisa memperparah nyeri saat menstruasi. Saat sedang mengalami nyeri sebisa mungkin hindari dulu memakan cokelat meskipun makanan ini dianggap baik untuk mengatasi mood swing saat sedang PMS.
  2. Beberapa penelitian telah menerangkan bahwa daging merah berpotensi menyebabkan kram saat menstruasi.
  3. Produk olahan susu seperti  susu, yogurt, mentega dan keju adalah bahan yang kaya kandungan asam arakidonat. Asam arakidonat yang berada di dalam makanan olahan tersebut akan merangsang prostaglandin, yang merupakan salah satu zat utama yang menyebabkan nyeri saat menstruasi.
  4. Keripik dan makanan olahan juga tidak disarankan untuk dikonsumsi saat sedang kram.
  5. Makanan-makanan tinggi garam dapat menyebabkan retensi air dalam tubuh dan meningkatkan nyeri menstruasi.
  6. Makanan kalengan  mengandung banyak natrium yang juga berpotensi memperparah kram saat menstruasi.
  7. Kamu juga disarankan untuk mengurangi gorengan saat sedang menstruasi. Gorengan akan meningkatkan tingkat estrogen dalam tubuh. Ketika tingkat estrogen meningkat rahim jadi tak seimbang,hal ini akan berpotensi meningkatkan kram saat menstruasi.
  8. Gula juga harus dihindari saat sedang kram. Gula akan menyebabkan peradangan dan kram jadi makin parah.

Kaum hawa sangat dianjurkan untuk memperbanyak minum air putih dan juga sayuran serta buah sehat untuk mengurangi rasa nyeri dari menstruasi.

Komentar

Loading...