KPK Rusia Sita Uang Pejabat Korup Senilai Rp1,6 Triliun

KPK Rusia Sita Uang Pejabat Korup Senilai Rp1,6 Triliun

173

KPK Rusia Sita Uang Pejabat Korup Senilai Rp1,6 Triliun

Pejabat top sebuah departemen ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Rusia yang dinaungi di bawah badan kepolisian yang diduga korupsi. Dari operasi penangkapan itu, KPK Rusia menyita uang tunai lebih dari USD122 juta atau lebih dari Rp1,6 triliun.

Pejabat yang ditangkap yaitu Dmitry Zakharchenko, merupakan Wakil Kepala Energi Industri Departemen Administrasi Umum Keamanan Ekonomi dan Pemberantasan Korupsi (GAESCC).

Polisi di lembaga antikorupsi itu menyita uang tunai dalam dua jenis mata uang. Yaitu, USD120 juta dan € 2 juta atau totalnya senilai lebih dari Rp1,6 triliun.

”Jumlah akhir tidak diketahui. (Polisi KPK) menyita hanya di rumah (Zakharchenko); itu belum diketahui berapa banyak aset (dia), tapi kami bekerja di jalur ini,” tutur seorang sumber di lembaga antirasuah Rusia kepada RIA Novosti, hari Sabtu (10/9/2016).

Limpahan uang tunai sebanyak itu dilaporkan didapati di dalam sebuah tas. ”Sejumlah besar uang tunai terletak di ruang kerjanya,” ujar sumber tersebut yang menembahkan bahwa Zakharchenko menyanggah untuk mengomentari status uang atau asal mulanya.

Pejabat itu menyatakan tidak bersalah. Berdasarkan pihak pengadilan melalui seorang juru bicaranya kepada RIA Novosti, Zakharchenko akan dibawa ke meja hijau dan pada hari Sabtu (11/9/2016) atas gugatan penyalahgunaan kekuasaan hingga menerima suap.

Pengadilan untuk sementara ini memutuskan bahwa Zakharchenko harus ditahan selama dua bulan,hingga 8 November 2016.

Pengacara Zakharchenko meminta pelepasan kliennya dengan uang jaminan kurang lebih USD1 juta. Dilansir dari Interfax, ”Kami bertanya tentang dua langkah-langkah alternatif: tahanan rumah atau jaminan 70 juta rubel (USD 1 juta),” tutur pengacara Zakharchenko, Yury Novikov.

Komentar

Loading...