Berbahaya! Kenali Gejala Alergi Detergen

Berbahaya! Kenali Gejala Alergi Detergen

126

Berbahaya! Kenali Gejala Alergi Detergen

Saat mencuci baju dengan detergen tertentu pernahkah kulit tanganmu terasa kasar, iritasi atau kemerahan? Detergen mengandung sodium lauryl suphate (SLS), pengharum, pewarna, dan amoniak yang dapat memicu alergi tertentu yang bertahan sampai berjam-jam hingga berhari-hari.

Ada beberapa gejala alergi detergen yang tidak boleh dihiraukan. Mulai dari kulit kemerahan, melepuh, bengkak, gatal, kulit mengelupas, hingga mata gatal dan bersin-bersin. Akan tetapi saat gejala alergi itu parah, segera hubungi dokter.
Dikutip dari newhealthadvisor.com, jika kita mengalami gejala alergi detergen yang seperti daftar dibawah ini, hubungi dokter segera :

  1. Sulit bernapas/sesak napas.
    2. Muntah-muntah.
    3. Diare.
    4. Kelopak mata bengkak.
    5. Demam.
    6. Kulit bernanah.
    7. Ruam bekas alergi tak kunjung hilang meski sudah berhenti pakai detergen.
    8. Muncul ruam di area wajah dan genital.
    Karena gejela di atas juga dapat menimbulkan akibat yang berbahaya, sebaiknya melakukan penceghan agar tidak terjadi alergi. Karena mencegah, lebih baik daripada mengobati. Untuk melakukan tindakan pencegahan alergi detergen, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan. Pertama, sebisa mungkin memilih produk yang bebas pengharum dan pewarna. Lihat komposisinya dengan baik sebelum membeli detergen tertentu. Kedua, bilas baju yang dicuci dua kali untuk mencegah sisa-sisa detergen yang menempel. Ketiga, gunakan sarung tangan karet ketika mencuci untuk menghindari kontak langsung detergen dengan kulit tangan. Keempat, gunakan pelembab setelah selesai mencuci dan mengeringkan tangan. Kelima, jangan gonta-ganti detergen kalau sudah cocok.

Akan tetapi jika kamu terlanjur alergi detergen, salah satu pertolongan pertama yang dapat kita lakukan adalah mengompres kulit dengan air dingin. Bisa juga dengan mengoleskan oatmeal yang sudah dilarutkan dengan air secukupnya. Selamat mencoba! Sebisa mungkin hindari alergi ya.

 

Komentar

Loading...