14 Titik Kebakaran Hutan Terdeteksi di Kalimantan

14 Titik Kebakaran Hutan Terdeteksi di Kalimantan

180

14 Titik Kebakaran Hutan Terdeteksi di Kalimantan

BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) mengatakan sebanyak 140 hotspot kebakaran hutan telah terdeteksi di wilayah Kalimantan Barat.

Dikutip dari Antara pada Senin (12/9), “Wilayah Kalimantan Barat kembali marak pembakaran hutan dan lahan, hotspotkebakaran hutan dan lahan kembali terdeteksi,” ujar Sutopo Purwo Nugroho, selaku Kepala Pusdatin dan Humas BNPB, di Jakarta,

Sutopo menerangkan, satelit modis dengan sensor terra serta aqua milik NASA mendeteksi 140 hotspot di wilayah Kalimantan Barat pada hari Senin pagi.

Sebanyak 140 hotspot tersebut terdiri atas 63 hotspot dengan tingkat kepercayaan sedang (30-70 persen) dan 77 hotspot dengan tingkat kepercayaan tinggi (lebih dari 70 persen).

Asal mula kebakaran, ujar Sutopo, bersumber dari pembukaan lahan untuk perkebunan dan pertanian di Kabupaten Sekadau, Ketapang, Landak dan Sanggau.

Di samping itu, pada Senin pukul 16.00 WIB satelit himawari mendeteksi penyebaran asap tipis di Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Sekadau Kalimantan Barat.

Sutopo mengatakan bahwa, “Sebaran asap di Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah juga terdeteksi.”
Usaha pemadaman dilakukan oleh tim satuan tugas terpadu dari TNI, Polri, BPBD, Manggala Agni, Damkar dan relawan.

“Upaya pemadaman terus dilakukan oleh tim satuan tugas, kita berharap upaya ini akan membuahkan hasil yang optimal,” tutur Sutopo.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana, juga menggerakkan dua helikopter water bombing jenis Bolco dan Bell 214, serta satu pesawat Casa TNI AU untuk membuat hujan buatan.

Komentar

Loading...