Kepala Badan Anti Korupsi Rusia Terima Suap Rp 1,6T

Kepala Badan Anti Korupsi Rusia Terima Suap Rp 1,6T

172

Kepala Badan Anti Korupsi Rusia  Terima Suap Rp 1,6T

Dmitry Zakharchenko, Kepala badan anti-korupsi Rusia,dibekuk dengan barang bukti yakni uang suap senilai US$120 juta atau apabila dikonversikan senilai dengan Rp1,6 triliun.

Kepala badan anti korupsi dalam badan yang bernaung di bawah Kementerian Dalam Negeri Rusia itu ditangkap atas gugatan menerima suap dengan jumlah yang besar.

Arestasi ini dilakukan setelah penemuan cek bernilai lebih dari US$120 juta oleh pihak kepolisian saat penyergapan di Moskow, yakni di apartemen kediaman Zakharchenko.

Dilansir The Telegraph, “Jumlah keseluruhannya belum diketahui. [Polisi] melakukan penyitaan terhadap uang di rumah. Belum diketahui berapa banyak aset lagi yang ia miliki, tapi kami akan terus melakukan penyelidikan,” pada Selasa (13/9).

“Presiden Vladimir Putin sudah mengetahui penangkapan ini. Putin pun mendesak aparat untuk terus memberantas korupsi di kalangan pemerintahan”, tutur.Juru bicara pemerintahan Rusia, Dmitry Peskov,

“Perlawanan terhadap korupsi merupakan proses yang memiliki banyak sisi yang sangat bergelombang dan kompleks,” lanjut Peskov.

Presiden Rusia selama ini dikritisi karena disangka menutup mata mengenai banyaknya korupsi dalam pemerintahannya, terlebih setelah terbukanya fakta tentang kekayaan para sekutu politik Putin.

Bukanlah pertama kalinya pihak kepolisian Rusia meringkus pejabat tinggi di negaranya atas gugatan korupsi. Sebelumnya, pejabat penting dalam Komite Investigasi Rusia ditahan pada Juli silam terhadap tuduhan menerima suap dengan jumlah besar dari oknum masyarakat sipil dengan tujuan pembatalan kasus.

Komentar

Loading...