Saksi Ahli Gatot Susilo Lawrance: Mirna Meninggal Bukan Karena Sianida

Saksi Ahli Gatot Susilo Lawrance: Mirna Meninggal Bukan Karena Sianida

264

Saksi Ahli Gatot Susilo Lawrence Mirna Meninggal Bukan Karena Sianida

Gatot Susilo Lawrence, Ahli patologi anatomi dari Universitas Hasanuddin Makassar yang didatangkan oleh kuasa hukum Jessica Kumala Wongso, berasumsi bahwa bakteri post-mortem di dalam tubuh mendiang Wayan Mirna dapat menghasilkan siandia.

Dicatat dari Antara”Bakteri post-mortem (pasca-kematian) bisa menghasilkan sianida. Kalau 0,2 miligram terlalu sedikit,” kata Gatot di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (14/9).

Di samping itu, Gatot menerangkan, “barang bukti berupa cairan lambung 70 menit setelah Mirna meninggal lebih bisa dipercaya, dibandingkan sianida yang ditemukan setelah tiga hari kematiannya.”

“Lebih reliable, lebih fresh, kontaminasi tidak ada. Itu penting, 70 menit kita lakukan pengambilan sampel lebih reliable, lebih dapat dipercaya,” tutur Gatot.

Gatot menyesalkan perlakuan pengawetan yang dilakukan terhadap Mirna, karena mungkin akan terjadi kontaminasi organ dari formalin dan zat lainnya.
“Dalam kasus ini banyak sekali kontaminasi, mestinya kalau meninggal karena racun jangan di-enbalming (diawetkan),” ujar Gatot.

Kini sidang ke-20 persoalan meninggalnya Wayan Mirna dengan terdakwa Jessica Wongso masih diselenggarakan di PN Jakarta Pusat dengan dakwaan untuk Jessica dari Jaksa berupa Pasal 340 KUHP tentang Pembunuhan Berencana.

Komentar

Loading...