Sulit BAB? Coba 6 trik ini!

Sulit BAB? Coba 6 trik ini!

153

Sulit BAB Coba 6 trik ini!

Buang air besar atau BAB sangat penting untuk kesehatan. Namun masih ada orang yang mengalami konstipasi alias sembelit atau susah buang air besar. Sejumlah orang juga bermasalah dengan jadwal BAB yang tak menentu. BAB yang tak teratur megakibatkan hal buruk untuk kesehatan. Mengapa? Racun-racun yang seharusnya dibuang bersama kotoran akan diam di usus dan mengakibatkan masalah kesehatan.

Konstipasi dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti gaya hidup, jadwal yang tidak menentu, dan stres. Jangan khawatir, di bawah ini merupakan tips agar BAB mu lebih lancar!

  • Minum air putih hangat. Kamu juga bisa mencampurkan beberapa tetes lemon di dalamnya. Air hangat akan memperlancar jalannya feses agar cepat keluar.
  • Melakukan 10 kali squats pelan. Bagi sebagian orang cara ini berhasil. Squats membantu orang-orang yang kurang jongkok karena menggunakan toilet duduk. Berjongkok ternyata sangat baik untuk fungsi usus.
  • Jalan-jalan ringan selama kurang lebih 5 menit juga baik untuk usus. Tak perlu jauh-jauh, kamu bisa berjalan-jalan di dalam rumah saja.
  • Memijat lembut otot perut selama beberapa menit. Dalam beberapa kasus ini bisa membantu menggerakkan feses dan kamu bisa lancar BAB.
  • Minum secangkir jahe panas di pagi hari juga bisa membantu merangsang fungsi usus, kandungan di dalamnya juga bisa membuang racun dalam tubuh dengan lebih lancar.
  • Konsumsi buah dan sayur kaya serat serta makanan yang mengandung probiotik. Ini adalah tips yang klasik namun selalu berhasil membantu melancarkan BAB.

Tips yang mudah bukan? Mulai sekarang, yuk biasakan hidup sehat agar BAB lancar dan rutin!

Komentar

Loading...