Rencanakan Teror di Istanbul, 25 Tersangka ISIS Diringkus

Rencanakan Teror di Istanbul, 25 Tersangka ISIS Diringkus

154

Rencanakan Teror di Istanbul, 25 Tersangka ISIS DiringkusLebih dari 20 orang termasuk satu warga Suriah ditahan oleh pihak kepolisian Turki terkait dengan militan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS). Orang – orang yang telah ditahan dipercaya sedang merencanakan serangan teror di Istanbul.
Dikutip AFP, Sabtu (17/9/2016), polisi meringkus seorang pria yang diketahui sebagai Ali al-Aggal alias Azzov dalam penyergapan di Ankara. Al-Aggal yang anggota ISIS ini diyakini sebagai orang yang merencanakan teror di Turki.
Pihak polisi pun menahan 24 tersangka lainnya yang juga diklaim sebagai anggota ISIS di distrik Kucucekmece, Istanbul. Di antara tersangkat yang ditahan, orangnya meliputi sejumlah warga Irak dan juga warga Suriah.

Diantara sembilan tersangka pernah berkomunikasi langsung dengan Al-Aggal. Mereka juga disebut sedang menunggu pemasokan peledak serta amunisi dari Al-Aggal, untuk melakukan serangan teror di Istanbul.

Dan 15 tersangka lainnya diduga memiliki rencana untuk menyeberang ke arah Suriah, melalui perbatasan Turki.

Polisi menyergap gedung di Kucukcekmece, yang digunakan para tersangka untuk bersembunyi dan menyita banyak dokumen serta material digital yang diyakini milik ISIS. Para tersangka yang bersembunyi di gedung itu diketahui sebagai ‘sleeper cell’ ISIS yang menunggu komando untuk menyerang. Beberapa bulan lalu, Turki diterpa gelombang serangan teror yang dipercaya dilakukan ISIS, serta salah satunya serangan bom bunuh diri di pesta pernikahan warga Kurdi di sebuah kota dekat perbatasan Suriah pada Agustus silam.

Pihak polisi Turki minggu ini menahan empat tersangka yang diyakini merencanakan teror pada beberapa misi diplomatik asing di Turki, serta Kedutaan Besar Inggris yang tutup karena soal keamanan.

Komentar

Loading...