Hindari Infeksi Karena Memencet Jerawat!

Hindari Infeksi Karena Memencet Jerawat!

155

Hindari Infeksi Karena Memencet Jerawat!

Salah satu masalah kulit yang paling mengganggu wanita adalah jerawat. Jerawat mengganggu penampilan juga membuat wajah kita menjadi perih dan kemerahan. Kadang kalau kita mememcet jerawat juga akan meninggalkan noda hitam yang mengganggu.

Apalagi kalau tanpa sengaja jerawat pecah. Tahukah kamu? Bakterinya dapat menyebar dan menimbulkan jerawat llain dan bekas jerawat susah hilangnya. Untuk mencegah terjadinya infeksi, ada beberapa hal yang harus kita lakukan untuk mencegahnya!

1. Bersihkan Luka
Dilansir oleh newhealthadvisor.com, jerawat pecah akan menyebabkan inflamasi dan pendarahan kecil di area kulit tersebut. Pertolongan pertama untuk soal ini adalah bersihkan luka dengan air dingin terlebih dahulu. Pastikan darah sudah berhenti mengalir. Setelah itu bisa basuh wajah dengan face wash yang kandungannya tak membuat iritasi kulit, seperti salicylic acid, glycolic acid, atau benzoyl peroxide.

2. Lukanya Jangan Dipencet
Hindari ya! Untuk menghindari infeksi, bengkak, atau kulit jadi kemerahan, jangan memencet lukanya dengan tangannya. Apalagi kalau tangan kita kotor, bisa-bisa bakteri dan kotoran makin menumpuk dan membuat infeksi serta iritasinya makin perah.

3. Oleskan Krim Antibiotik
Untuk mencegah infeksi, oleskan krim antibiotik di luka bekas jerawat. Cukup gunakan di area luka jerawat saja. Tak perlu sampai berlebihan. Atau kalau tak punya krim antiobiotik, bisa gunakan obat merah atau betadin untuk membuat lukanya sembuh.

Luka jerawat memakan waktu sedikit lama untuk menghilangkannya, namun bukan berarti tidak mungin. Kita harus bersabar dan merawat kulit kita. Semoga tips di atas bisa membantu untuk menghilangkan bekas jerawatmu dan dapatkan kulit sehat bercahaya!

 

Komentar

Loading...