Ketika Kecanduan Internet Merupakan ‘Gangguan Mental Lain’

Ketika Kecanduan Internet Merupakan ‘Gangguan Mental Lain’

151

Dunia internet memang menyenangkan bila dikunjungi. Tetapi jika waktu banyak dihabiskan untuk bermain internet melebihi seharusnya atau sampai mengganggu aktivitas sehari-hari, bisa jadi orang tersebuy sudah kecanduan.

Penelitian yang dilakukan McMaster University di Ontario, Kanada, memberi tahu bahwasanya kecanduan pada internet bisa berarti gangguan mental lain. Fakta ini didapat setelah dilakukan pengamatan pada 254 mahasiswa baru.

“Penggunaan internet akhir-akhir ini berkurang drastis, jadi kami khawatir kurang bisa menganalisis kecenderungan penggunaan internet pada masyarakat modern,” terang peneliti, Michael.

Sebagian besar partisipan yang kecanduan internet dilaporkan kesulitan untuk mengendalikan dirinya ketika melakukan video streaming atau menggunakan media sosial dan chatting. Di sisi lain, rutinitas harian mereka rata-rata tidak terselesaikan dengan baik.

“Ini bisa jadi petunjuk jika kita menangani orang-orang dengan indikasi kecanduan, karena faktanya mungkin mereka mengalami gangguan kecemasan atau depresi,” simpul Ameringen.

Oleh karena itu, penggunaan internet yang berlebihan biasanya hanyalah semacam ‘penyamaran’ dari ‘gangguan mental lain’ seperti kecanduan atau kecemasan sosial.ketika-kecanduan-internet-merupakan-gangguan-mental-lain

Komentar

Loading...