Biaya Produksi iPhone Ternyata Tidak Semahal Yang Dibayangkan

Biaya Produksi iPhone Ternyata Tidak Semahal Yang Dibayangkan

146

Apple merupakan perusahaan teknologi yang berfokus untuk menyasar kalangan keatas. Hampir tidak ada produknya yang dapat menjangkau kalangan menengah-kebawah, walaupun ada dapat dipastikan produk tersebut KW ataupun bekas.

Baru-baru ini terungkap bahwa iPhone 7 hanya membutuhkan biaya sebesar Rp 3 juta, padahal harga aslinya bisa mencapai beberapa lipatnya. Jika ditinjau dari tahun sebelumnya ternyata Apple mengeluarkan biaya yang lebih murah untuk produk iPhone, yaitu sekitar Rp 2,4 juta. Tentunya hal tersebut mengundang tanya, bagamaina bisa terjadi perbedaan yang begitu jauh antara harga jual dan biaya produksi?

biaya-produksi-iphone-ternyata-tidak-semahal-yang-dibayangkan

Setelah ditelusuri lebih lanjut produk iPhone 7 yang mengalami kenaikan biaya produksi hingga 500 ribu disebabkan kapasitas baterai dan ruang penyimpanan yang lebih mumpuni dibanding seri-seri sebelumnya.

Rival mereka dalam mengusai pasar ponsel pintar yaitu Samsung ternyata memiliki biaya produksi yang sama. Namun ironisnya Apple dapat membuat keuntungan yang lebih besar dibanding Samsung akibat harga jual dari produknya. Sebenarnya biaya produksi yang murah tersebut juga belum dimasukkan riset inovasi, marketing, maupun pajak. Tentunya perbedaan harga disetiap negara disebabkan oleh hal-hal tersebut.

Komentar

Loading...