Obama Bela Arab Saudi, Kongres AS Protes

Obama Bela Arab Saudi, Kongres AS Protes

220

Menyusul peringatan tragedi 9/11 yang menyebabkan banyak orang meninggal, Kongres dan Senat Amerika Serikat tidak tinggal diam, mereka segera membuat undang-undang terkait penyelidikan insiden tersebut. Undang-undang tersebut dinyatakan dapat membuat para keluarga korban dapat menuntut kerugian kepada pemerintah Arab Saudi.

Sebagai sekutu besar Arab Saudi, Obama sebagai presiden yang memilki hak veto terhadap suatu kebijakan akhirnya membatalkan undang-undang tersebut. Selain bermaksud mendukung Arab Saudi sebagai sekutunya, Obama juga menganggap bahwa undang-undang tersebut justru dapat membahayakan keamanan AS.obama-bela-arab-saudi-kongres-as-protes

Tudingan tersebut bukan tanpa dasar, karena menurut hasil investigasi pihak berwenang didapati 15 orang dari 19 pembajak merupakan warga dari Arab Saudi. Tudingan tersebut tentunya ditolak keras oleh Arab Saudi, mereka berkata tudingan beserta UU hanya akan merugikan hubungan bilateral antara AS dan Arab Saudi. Sebelumnya Uni Eropa juga telah mengecam UU agar dibatalkan.

Selama menjabat Obama telah mengeluarkan hak veto sebanyak 12 kali dan veto terkait UU ini merupakan veto terakhirnya sebagai presiden. Diperkirakan veto tersebut akan ditolak oleh Kongres maupun senat sehingga UU tersebut mau tidak mau tetap harus berjalan.

Komentar

Loading...