Belasan Ribu Wajib Pajak ‘Meminta’ Ampunan, Uang Tebusan Bertambah 3,1 Triliun

Belasan Ribu Wajib Pajak ‘Meminta’ Ampunan, Uang Tebusan Bertambah 3,1 Triliun

284

Menjelang penutupan periode pertama amnesti pajak ini, belasan ribu pajak sibuk mengantri pada akhir pekan. Jika ditotal selama dua hari terakhir, uang tebusan dinilai hingga Rp 3,1 triliun yang akan bertambah masuk ke kas negara.

Menurut keterangan resmi Direktorat Jenderal Pajak (DJP), dengan penambahan Rp 3,1 trlliun nilai total uang tebusan yang sudah masuk ke kas negara hingga minggu sore adalah Rp 42,2 trilun. Walaupun belum memenuhi target, bahkan setengahnya, pemerintah diharap tetap optimis dan lebih persuasif terhadap wajib pajak.
realisasi-amnesti-pajak-telah-capai-25-persenSelama periode pertama ini, didapati kurang lebih ada 160 ribu wajib pajak yang telah melaksanakan program ampunan pajak. Jumlah ini bertambah banyak sekitar 19 ribu orang pada akhir pekan dimana saat jumat jumlahnya hanya berkisar di 140 ribu wajib pajak.

Wajib pajak dari perseorangan/pribadi non UMKM yang notabenenya merupakan penyumbang uang setoran terbesar, yaitu hampir 4 triliun. Selanjutnya ada wajib pajak pelaku dan badan usaha UMKM yang masing-masing menyetor Rp 1,43 trilun dan 51,1 miliar. Dari sektor pemeriksaan bukti permulaan tunggakan pajak pemerintah juga mendapat uang pembayaran sebesar Rp 3 triliun.

Komentar

Loading...