Jenis-jenis Dan Harga Pasang Behel Gigi

Jenis-jenis Dan Harga Pasang Behel Gigi

1912

Jenis-jenis Dan Harga Pasang Behel Gigi. Tujuan utama pemasangan behel sebenarnya bukanlah hanya untuk tujuan sebagai aksesoris penghias gigi saja. Namun, behel gigi dipasang untuk merapikan dan menjaga kesehatan gigi. Sistemnya yaitu dengan menekan susunan gigi secara sangat pelan-pelan dalam rentang waktu yang lama ke arah yang diinginkan. Akibatnya rahang pengguna behel akan berubah karena beradaptasi terhadap tekanan dan pegerakan gigi.

Jenis-jenis Dan Harga Pasang Behel GigiPada perkembangannya behel menjadi trend fashion, banyak yang memasangnya hanya bertujuan untuk tampil lebih menarik tanpa tujuan kesehatan. Meskipun alasan ini kurang tepat namun hal ini boleh saja dilakukan, asalkan proses pemasangan dilakukan oleh tenaga profesional serta dengan perawatan oleh ahlinya.

Komponen Utama Kawat Gigi

  1. Ada 3 komponen utama yang digunakan pada behel gigi. Komponen ini harus ada pada kawat gigi untuk fungsi yang maksimal, yaitu:
    1. Lempengan kecil yang melekat di setiap biji gigi yang berguna untuk menarik gigi menjadi rapi dan sejajar. Lempengan ini bisa terbuat dari bermacam-macam bahan, diantaranya: keramik, titanium, polikarbonat, baja atau biji plastik yang berwarna macam-macam.
  2. Cincin behel yang membungkus atau mengelilingi gigi sebagai penghubung antara lempengan kecil yang menempel pada gigi. Bahannya bisa terbuat dari baja, titanium atau bahan lainnya.
  3. Kawat melengkung yang mengatur arah pergerakan gigi. Kawat ini adalah yang menekan posisi gigi sehingga gigi menjadi rapi. Bahannya bisa terbuat dari baja, titanium atau bahan lainnya yang bersifat kuat dan tidak berkarat.

 Jenis-jenis Behel Gigi

Ada beragam jenis behel gigi yang bisa anda pilih dan tersedia di pasaran. Namun, macam-macam behel dapat dibagi menjadi 2 golongan, yaitu berdasarkan bahan dan cara pemasangannya. Pastikan sesuai keinginan serta pemasangannya dilakukan dengan benar oleh ahli dibidangnya.

Jenis Behel Gigi Berdasarkan Bahan

  1. Behel Gigi Metal (Metal Braces). Semua komponen utama yang ada pada kawat gigi mulai dari biji kecil yang menempel pada gigi, cincin behel dan kawat penghubung terbuat dari logam dengan kualitas terbaik. Banyak yang berkata bahwa behel metal buatan amerika dan jerman adalah behel metal berkualiats terbaik. Tidak cocok digunakan oleh orang-orang yang alergi terhadap bahan logam. Jika anda memilih behel ini, pastikan behel anda terbuat dari bahan yang anti karat.
  2. Behel Gigi Keramik (Behel Estetis). Merupakan salah satu behel yang nyaman dipakai oleh banyak orang. Warnanya yang hampir menyerupai gigi bisa berkamulflase dengan gigi, sehingga terkadang orang lain tidak menyadari jika anda sedang memakai behel gigi.
  3. Behel Gigi Damon. Tipe behel ini mirip dengan behel metal namun terdapat tambahan pengunci pada setiap lempengan yang menempel pada gigi. Jadi penggunananta merasa lebih nyaman. Anda tanpa perlu seringkali ke dokter gigi untuk cek up karena behel ini lebih stabil dibandingkan yang lainnya.
  4. Behel Gigi Invisalign. Merupakan jenis behel gigi yang berbahan plastik transparan yang bisa anda pasang dan lepas sendiri tanpa harus melalui ahli gigi. Pembuatannya disesuaikan dengan struktur gigi penggunanya, jadi akan diganti setiap beberapa rentang waktu menyesuaikan bentuk gigi.

Jenis-jenis Behel Gigi Berdasarkan Cara Pemasangannya

  1. Behel Gigi Permanen. Jenis behel ini dipasang dalam jangka waktu yang lama, bahkan hingga bentuk struktur gigi dan rongga mulut berubah sesuai dengan yang diinginkan. Pemasangan ini paling cepat memerlukan jangka waktu minimal 2 tahum.
  2. Behel Gigi Lepasan. Untuk pengguna behel yang tidak memerlukan perubahan struktur gigi yang masif bisa menggunakan tipe behel ini. Pengguna bisa melepas dan memasangnya sendiri tanpa bantuan ahli.
  3. Behel Gigi Retainer. Pada tahap akhir fase perbaikan posisi gigi digunakan behel tipe retainer ini. Fungsinya menjaga posisi gigi dan menstabilkannya agar tidak kembali ke posisi yang lalu.

Harga Pasang Behel/Kawat Gigi

Telah kita ketahui bersama bahwa ragam dari bahan-bahan yang dipakai untuk behel atau kawat gigi. Sehingga mengakibatkan berbeda pula estimasi perkiraan biaya yang dibutuhkan. Berikut ini perkiraan harga behel yang ada di daerah-daerah di Indonesia:

  • Harga pasang behel permanen berkisar mulai Rp 5.000.000,- yaitu dengan jenis behel metal biasa. Jika behel metal yang dipilih berbahan titanium, tentu saja harga yang diberikan akan lebih mahal berkisar Rp 7.500.000,- sampai Rp 12.000.000,-. Selain itu, behel yang transparan dan berwarna-warni akan jauh lebih mahal dibanding behel dengan warna logam biasa.
  • Harga pasang behel lepasan. Harga pasang behel lepasan berkisar mulai Rp 500.000,- s.d. Rp 4.000.000,- bergantung pada jenis bahan baku behel yang digunakan dan seberapa cepat gigi mengalami pergeseran.

Harga di atas mungkin mengalami perubahan seiring berjalannya waktu. Tentu saja harga di atas juga belum termasuk biaya cek up, perbaikan serta penggantian yang diperlukan pada rentang waktu tertentu. Yang pasti harus diingat adalah sebaiknya anda menyerahkan urusan pemasangan dan perawatan behel yang memerlukan tenaga ahli kepada yang sudah bersertifikasi serta profesional dan ahli di bidangnya. Jangan asal menyerahkannya ke sembarang orang karena sangat berpengaruh terhadap kesehatan anda.

Komentar

Loading...