Daftar Wisata Kota Trenggalek Yang Wajib Kalian Kunjungi

Daftar Wisata Kota Trenggalek Yang Wajib Kalian Kunjungi

786
memuat...

Harianpost.co.id – Mungkin sebagian dari kalian jarang sekali yang mengenal kota Trenggalek, keberadaan kota yang terkenal dengan kota kripik tempe sekitar 180 km dari kota Surabaya. Kota ini masuk dalam jajaran kota paling selatan di pulau Jawa, jadi wajar jika kota ini memiliki objek wisata pantai yang begitu banyak dan semuanya sangat indah sekali.

Sekalipun kota ini termasuk kota yang kecil, namun di kota ini tetap menjaga kebudayaan-kebudayaan Jawa, salah satu kebudayaan Jawa yang saat ini dikenal banyak orang adalah Wisata budaya tarian Reog Ponorogo yang beberapa waktu lalu sempat akan diklaim sebagai kebudayaan asli Malaysia.

Yang membuat objek wisata kota Trenggalek ini menarik adalah dari semua tempat wisata yang ada di kota trenggalek, semua masih asli alias alami tanpa adanya perubahan dari zaman ke zaman. Ada banyak sekali jenis objek wisata di kota Trenggalek, seperti misalnya Goa, pantai dan pegunungan dengan panorama yang begitu mempesona.

Penasaran? Berikut ini adalah daftar tempat wisata di kota Trenggalek yang baru-baru mulai terkenal di pulau Jawa, bahkan di Indonesia.

Gua Lowo

Gua Lowo
Gua Lowo – via Wikipedia

Kata “Lowo” berasala dari bahasa jawa yang artinya “Kelelawar”, dinamakan seperti itu sebab di dalam gua ini banyak sekali jenis kelelawar dan memang menjadi tempat tinggal kelelawar. Namun demikian, bukan berarti tempat ini menyeramkan, Gua Lowo ini sekarang sudah mengalami renovasi di beberapa sudut dan sudah dihiasi dengan lampu warna-warni yang menjadikan objek wisata alam ini semakin indah.

Dan untuk membuat perjalanan kalian lebih mudah untuk menelusuri Gua Lowo, pemerintah setempat sudah membangun jembatan-jembatan kecil. Objek Wisata Gua Lowo ini ada di daerah Watuagung, kecamatan Watulimo. Dari kota Trenggalek jaraknya sekitar 30 km. Hebatnya, Gua Lowo ini diklaim sebagai gua terbesar di Asia Tenggara, itu menurut ahli gua Mr Gilbert Manthovani walaupun gua hanya memiliki panjang sekitar 800 meter saja, tapi besarnya bukan main.

Wisata pantai prigi (pantai karanggongso)

Wisata pantai prigi
Wisata pantai prigi – via Wikipedia

Dinamakan pantai Karanggongso sebab letaknya memang berada di daerah Karanggongso, daerah paling selatan di kota Trenggalek. Di pantai ini sudah dibangun pelabuhan nasional yang langsung diresmikan oleh presiden Megawati Soekarno Putri. Pantai ini juga merupakan pantai terbesar yang ada di kota Trenggalek.

Setelah dibangun pelabuhan, pantai ini berubah menjadi objek wisata dan menjadi jalur perekonomian laut. Jadi, jika kalian mampir ke pantai prigi, kalian bisa sekalian belanja berbagai jenis ikan hasil tangkapan nelayan.

Pantai Pasir putih Trenggalek

Pantai Pasir putih Trenggalek
Pantai Pasir putih Trenggalek – via Wikipedia

Pantai Pasir putih ini letaknya dekat sekali dengan pantai prigi, hanya berjarak sekitar 2 km ke arah timur. Dinamakan pantai pasir putih sebab di pantai ini memang terkenal dengan pasirnya yang putih dan bersih sekali. Jika dalam keadaan surut, pantai pasir putih ini akan terlihat sangat indah sekali dengan hamparan batu karang kecil yang menghiasi pantainya, di balik batu karang itu tersembunyi berbagai macam jenis ikan hias kecil.

Wisata Pantai Pelang

Wisata Pantai Pelang
Wisata Pantai Pelang – via Wikipedia

Satu lagi pantai yang keindahan melebihi pantai prigi dan pantai pasir putih, pantai itu adalah pantai pelang yang terletak di kecamatan Panggul, Trenggalek. Pantai pelang ini semakin eksotik dengan hadirnya air terjun pelang yang ada di dekat pantai tersebut dan juga pulau-pulau kecil.

Pantai pelang ini merupakan pantai paling alami di kota Trenggalek, sebab keberadaan pantai ini baru diketahui oleh publik sekitar 5 tahun yang lalu, dan sekarang sudah sangat ramai sekali dikunjungi  wisatawan domestik bahkan turis mancanegara banyak juga yang pensaran dengan keindahan pantai ini.

Wisata pantai cengkrong

Pantai Cengkrong
Pantai Cengkrong – via Wikipedia

Letak pantai cengkrong ini sekitar 42 km ke arah selatan dari kota Trenggalek, pantai ini juga bisa dituju dari arah Tulungagung. Rute perjalanannya sama dengan rute pantai prigi, dari pantai prigi ke arah barat sekitar 3 km. Di sebelah pantai ini kalian akan bisa melihat hamparan hutan cengkrong yang benar-benar indah sekali, sadar bahwa hutan cengkrong memiliki pesona alam, jadilah pemerintah membangun sebuah jembatan kayu yang unik. Dari jembatan cengkrong ini kalian bisa menikmati keindahan hutan cengkrong yang tetap hijau meskipun cuaca sedang kemarau.

Di sebelah pantai cengkrong terdapat jembatan panjang sebagai jalur lintas selatan yang menghubungkan kota Trenggalek dengan Kota Pacitan. Kalian juga bisa menikmati keindahan pantai cengkrong dari jembatan ini, keindahannya dijamin tidak akan membuat kalian menyesal jauh-jauh ke Trenggalek. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...