Daftar Wisata Kota Malang Yang Wajib Dikunjungi

Daftar Wisata Kota Malang Yang Wajib Dikunjungi

910
memuat...

Harianpost.co.id – Kota Malang merupakan sebuah kota yang sebagian besar wilayahnya berada di atas pegunungan Jawa Timur. Letak kota malang ini sekitar 90 km dari arah Surabaya dan juga masuk dalam salah satu kota besar yang ada di Indonesia. Sebelum kota Batu memisahkan diri sebagai kota otonom, dulu malang secara otomatis menjadi kota terbesar kedua di bagian selatan pulau Jawa setelah kota Bandung.

Kota ini juga terkenal dengan kota pendidikan dengan banyaknya universitas yang telah berdiri di kota ini, hampir semua univertas yang ada di kota malang semua masuk kategori universitas terbaik di Indonesia, salah satu contohnya adalah Unibraw dan universitas Muhammadiyah Malang. Lokasi kota Malang yang berada di atas pegunungan itu membuat udara yang ada di kota Malang terasa sangat sejuk sekali, jadi wajar jika banyak anak-anak muda yang memilih untuk menjalani studi di kota ini karena faktor cuaca juga.

Selain faktor cuaca yang sejuk, ternyata yang menjadikan Malang sebagai kota favorit anak-anak muda adalah adanya berbagai tempat wisata mengagumkan di kota ini. Satu diantaranya masuk dalam daftar tempat wisata terbaik di Indonesia bahkan sudah sangat terkenal sekali di dunia, yaitu Gunung Bromo.

Nah, bicara soal pariwisata, setelah kota Batu memisahkan diri sebagai bagian dari kota Malang, secara otomatis objek wisata di kota Malang juga berkurang. Sebab hampir semua tempat wisata di Malang dulu ada di kota Batu. Namun demikian, Malang tetap memiliki beberapa objek wisata yang mengagumkan, diantaranya adalah sebagai berikut:

Wisata gunung bromo

Wisata Gunung Bromo
Wisata Gunung Bromo – via Wikipedia

Tanpa kami jelaskan sekalipun, pasti sudah banyak yang tahu tempat eksotis yang satu ini. Ya, tempat itu adalah Gunung Bromo. Nama gunung bromo diambil dari bahasa sansekerta “Brahma” yang merupakan nama dari salah satu dewa agama Hindu, gunung ini sampai sekarang masuk dalam jajaran gunung yang masih aktif di pulau Jawa.

Gunung bromo tampak semakin indah dengan hadirnya sebuah padang pasir seluas 10 km persegi. Benar-benar sangat indah sekali, ditambah lagi keberadaan gunung bromo ini bertautan dengan pegunungan kaledra tengger dan jika dilihat dari kejauhan pemandangannya begiru mempesona.

Wisata Pantai Tamban

Wisata pantai tamban
Wisata pantai tamban – via Wikipedia

Pantai tamban adalah sebuah pesisir yang terletak di sebelah selatan kota Malang dan masuk di wilayah Kabupaten Malang (kabupaten Malang juga masuk wilayah malang raya setelah Batu). Jarak pantai tamban dengan kota malang sekitar 65 km, dan masih masuk dalam satu desa dengan pantai sendangbiru. Pantai temban ini juga menjadi objek wisata favorit anak-anak muda, ketika hari besar tiba seperti tahun baru, pantai tamban benar-benar penuh dengan anak muda.

Memang cukup beralasan jika pantai tamban ini dijadikan favorit anak muda sebab pantai tamban memiliki pasir putih yang bersih sepanjang sekitar 1.500 meter ditambah lagi dengan bebatuan yang menyebar di sepanjang pesisir pantai, menambah keindahan pantai tamban semakin memanjakan mata.

Wisata Arum Jeram Rafting Kasembon

Wisata Arum Jeram Rafting Kasembon
Wisata Arum Jeram Rafting Kasembon – via Wikipedia

Bagi kalian yang menyukai tantangan, sepertinya wajib untuk sekali-sekali berkunjung ke kasembon Malang. Di kawasan ini terdapat sebuah sungai dengan arus yang kencang plus bebatuan yang besar, dan di sungai ini sudah tersedia perahu parasut yang bisa memuat hingga 5 orang.

Wisata arum jeram ini memiliki daya tarik tersendiri dan sering dijadikan tempat favorit wisatawan untuk mencari pengalaman yang menantang. Akan tetapi untuk sementara perahu yang tersedia masih sangat terbatas karena kendala pada pendanaan.

Itulah ketiga wisata kota Malang yang sampai saat ini masih ramai dikunjungi wisatawan, dan tentunya wajib kalian kunjungi. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...