Bisnis-Bisnis Ini Khusus Untuk Anak Muda Yang Anti Gengsi Dan Modal Cupet

Bisnis-Bisnis Ini Khusus Untuk Anak Muda Yang Anti Gengsi Dan Modal Cupet

1247
memuat...

Harianpost.co.id – Pada dasarnya bisnis itu bisa dimulai kapan saja, tidak perlu harus punya modal seabgreg baru memulai bisnis, tidak perlu juga untuk menunggu harus dewasa dulu atau sudah tua. Bisnis bisa dimulai dari saat ini juga. Jika bingung bisnis apa yang ingin dijalankan, di sekitar kita sebenarnya banyak sekali.

Bisnis modal pas-pasan
Bisnis modal pas-pasan – via pixabay.com

Yang bilang tidak ada yang bisa dijadikan bisnis di lingkungan sekitar, itu pertanda kita adalah orang yang super malas

Dalam artikel sebelumnya tentang “2 Alasan pentingnya kita harus berwirausaha di usia remaja dan 2 langkah penting meningkatkan produktivitas remaja” sudah dikupas habis-habisan tentang bagaimana kita mengawali bisnis dan cara meningkatkan produktivitas usaha kita. Silahkan dibaca lagi.

Dan sekarang kita akan membahas tentang macam-macam bisnis yang sangat cocok sekali untuk anak-anak muda yang benci dengan sifat gengsi namun tidak punya modal banyak untuk berbisnis.

Sebelum langsung ke tema utama, kita perlu ingat satu hal terlebih dahulu bahwasannya berbisnis itu tidak harus langsung besar, tidak harus langsung berjalan lancar, dan juga tidak harus punya alat ini punya alat itu, terlebih lagi kita tidak harus punya banyak uang.

Terkadang, kita harus memaksakan diri untuk bisa melakukan sesuatu yang bisa menghasilkan uang walaupun itu harus membuat diri kita malu (kata anak mama begitu). Tapi buat apa kita merasa malu jika itu bukanlah hal yang memalukan? Buat apa kita malu jika yang kita lakukan itu tidak melanggar hukum atau agama?

Kita justru harus malu jika kita tidak melakukan apa-apa sedangkan orang lain sudah jauh melangkah untuk menggapai mimpi-mimpi mereka.

Coba tanamkan pada diri kita prinsip-prinsip yang bisa membuat kita berani bertindak. Kita sudah bukan lagi anak kecil yang selalu mewek kayak bayi baru lahir yang mana segala kebutuhan kita selalu dicukupi oleh orang tua. Sudah saatnya ganti kita yang membahagiakan mereka, dengan tenaga dan keringat kita.

Ketika prinsip sudah tertanam kuat dalam diri kita, maka kita tidak akan berpikir panjang untuk bertindak. Apalagi mikirin malu atau gengsi. Jadikan bisnis yang dibilang “anak mama” itu memalukan sebagai batu loncatan untuk mencapai bisnis yang lebih besar lagi, dijamin suatu saat mereka akan malu sendiri berhadapan dengan kita.

Nah berikut ada beberapa bisnis modal pas-pasan yang bisa kita lakukan sebagai anak muda dengan  yang bisa menjadikan jembatan untuk menuju kesuksesan kita kelak, syukur kalau kita bisa langsung sukses dengan bisnis-bisnis berikut ini:

Membuka jasa kebersihan

Kita pasti tahu bahwa di jaman sekarang ini orang-orang semakin sibuk. Banyak dari mereka yang kerepotan untuk mengurus rumah entah itu bersih-bersih atau segala macam, atau bahkan mereka mungkin tidak sempat untuk bersih-bersih.

Ambil kesempatan tersebut untuk membuka jasa kebersihan di sekitar tempat tinggal kita.

Bisa bersih-bersih rumah, kebun, gudang dan lain sebagainya. Bingung bagaimana cara promosinya? Gampang. Sekarang banyak orang yang sudah mengenal dunia internet terutama media sosial, media sosial saat ini sudah menjadi tempat nongkrong kedua.

Di facebook saat ini banyak sekali group lowongan perkerjaan atau group-group lainnya. Carilah group dengan komunitas orang-orang yang dekat dengan tempat kita berada dan promosikan jasa kita disitu. Di jamin akan laris manis.

Membuka jasa mengerjakan tugas

Tugas di sini bisa mencakup tugas-tugas kantor, tugas-tugas guru (menulis soal, silabus, RPP), dan tugas-tugas lainnya yang sekiranya bisa diwakilkan oleh orang lain. Siapa pelanggan yang akan menjadi target kita? Orang-orang yang sudah tua atau orang-orang yang malas mengerjakan tugas, pasti ada.

Dan lagi-lagi media sosial adalah ahlinya untuk dijadikan tempat promosi, selain facebook kita jgua bisa memanfaatkan media sosial lainnya seperti instagram, twitter, atau jika perlu kita bisa broadcast di BBM.

Pekerjaan seperti sudah banyak dilakukan oleh remaja-remaja di luar negeri. Keuntungan dari bisnis ini adalah jika kita kebetulan bertemu dengan orang-orang yang mampu memberikan pekerjaan secara rutin, ini akan menjadi peluang yang sangat besar.

Membuka usaha bengkel berjalan (perbaikan kendaraan panggilan)

Kita tidak perlu keluar modal besar untuk membeli tempat dan membangun sebuah bengkel, jika kita mempunyai skill di bidang permesinan dan mempunyai alat-alat yang dibutuhkan, usaha ini akan membantu kita untuk bisa menjadi pengusaha sukses.

Bagaimana jika kita punya skill permesinan tapi tidak punya alatnya?

Tanya terlebih dahulu apa keluhan kerusakan dari kendaraan pelanggan, selanjutnya kita bisa meminjam alat-alat seperlunya pada tetangga kita yang punya. Atau lebih enak lagi jika kita punya teman atau saudara yang juga mempunyai bengkel, kita bisa pinjam alat-alat pada mereka 1 sampai 2 jam saja.

Jika masih saja bertanya bagaimana cara kita mendapatkan pelanggan, berarti anda tidak membaca dengan serius artikel di atas, media sosial tetap menjadi solusi terbaik saat ini.

Membuka jasa antar barang

Jenis usaha ini memang tak berbeda jauh dengan usaha kurir. Namun jika penulis mengatakan untuk buka jasa kurir sepertinya akan terlihat terlalu formal/resmi, biar terkesan lebih santai. Apa usaha ini bisa diandalkan? Guys, sekarang jamannya e-commerce. Banyak orang-orang yang jadi malas akibat seringnya mereka belanja online. Jadi, manfaatkan kemalasan mereka dengan membuka jasa antar barang.

Bisnis seperti ini akan memberikan keuntungan bagi kita yang dekat dengan area pendidikan terutama kampus.

Tak jarang para mahasiswa itu gonta ganti tempat kos, kita bisa menawarkan jasa pada mereka untuk mengangkut barang-barang bawaan mereka. Apalagi jika kita punya mobil, sekali angkut beres, duit mengalir deras.

Membuka jasa konsultan toko-toko tetangga kita

Kita pasti suka mencari hiburan di media sosial. Nah dari pada hanya bermain-main saja tanpa menghasilkan apa-apa, bukankah lebih baik jika kita membuat sebuah group atau blog untuk memasarkan barang-barang dagangan tetangga sebelah? Apalagi jika kita punya tetangga yang jualan pakaian atau butik, di jamin tangan kita bisa keriting menerima pesanan.

Sebab pakaian sekarang ini menduduki peringkat teratas daftar perdangan yang paling laris di dunia maya.

Apa membuat group dan blog itu tidak pakai modal? Membuat group di facebook itu gratis, dan membuat blog itu juga ada yang gratis. Kita hanya modal kuota internet saja. Jadi, mencari hiburan sambil minum susu bisa sekaligus kita lakukan.

Sebenarnya masih banyak lagi bisnis-bisnis kecil yang berhamburan menunggu kita mennjemput mereka, jika penulis beberkan semua sepertinya tidak akan cukup untuk dibaca seharian penuh. Contoh seperti membuka jasa designer wesibte bagi suka utak-atik web dan punya koneksi internet di rumah, membuka jasa penulisan artikel, membuka jasa pembuatan makalah, pembuatan skripsi, dan lain-lain.

Tinggal seberapa cepat dan seberapa berani kita bisa action.

Intinya, sejauh mana kita mau berusaha, sejauh itulah peluang usaha juga akan terbuka. Jadi masihkah kita akan menunggu nanti, nanti dan nanti untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat? Lakukan sekarang sebelum penyesalan datang.

Komentar

Loading...