Obat Medis Migrain Di Kepala Sebelah Kanan

Obat Medis Migrain Di Kepala Sebelah Kanan

884
memuat...

Harianpost.co.id – Kami tahu bahwa anda yang sedang membaca artikel ini adalah termasuk dalam orang-orang yang sering mengalami sakit kepala sebelah atau biasa disebut dengan migrain. Ya, migrain merupakan rasa sakit pada kepala yang terasa di sebelah saja, bisa di sebelah kanan, kiri atau belakang. Banyak dari kita yang tidak memperhatikan bahwa sebenarnya sakit kepala sebelah atau migrain itu akan terlebih dahulu menyerang kepala bagian kanan, yang kemudian akan menjalar ke bagian kiri dan kemudian bagian belakang.

Obat medis migrain
Obat medis migrain – via standart.net

Rasa sakit yang timbul karena migrain biasanya terasa lebih sakit dari pada sakit kepala secara keseluruhan, mengapa? Sebab rasa sakit tersebut hanya berkumpul menjadi satu di sisi kanan, kiri atau belakang.

Ada beberapa jenis sakit kepala sebelah atau migrain, yaitu Hermicrania Continua, sakit kepala kluster, dan migrain kronis. Ketiganya memiliki gejala yang berbeda-beda, selain itu penyebab sakit kepala dari ketiga jenis migrain tersebut juga berbeda.

Hermicrania Continua

Penyakit migrain jenis Hermicrania Continua ini biasanya terjadi terus menerus selama beberapa hari lamanya. Sakit kepala sebelah Hermicrania Continua semakin diperparah dengan adanya gejala lain yaitu hidung tersumbat dan berair, disertai mata memerah.

Sakit kepala kluster

Sakit kepala migrain jenis kluster ini biasanya juga akan menjalar ke bagian mata dan sektiarnya, sakit kepala kluster ini kebanyakan terjadi ketika seseorang terlalu banyak melakukan aktifitas menggunakan otak, seperti menghitung, melakukan aktifitas di depan computer, dan lain-lain. Sakit kepala kluster juga bisa disebabkan karena suhu yang terlalu tinggi, olah raga yang berlebihan. Tandanya bisa terlihat pada kelopak mata menjadi bengkak, wajah mudah berkeringat, telinga terasa panas dan memerah.

Sakit kepala migrain kronis

Sakit kepala migrain kronis hampir sama dengan Hermicrania Continua di atas tadi, jika Hermicrania Continua tadi berlangsung selama beberapa hari non stop, maka migrain kronis bisa dialami seseorang mengalami Hermicrania Continua secara berulang-ulang. Kebanyakan migrain kronis ini akan terjadi pada orang-orang yang tidak memiliki waktu istirahat yang cukup. Tanda-tanda seseorang menderita migrain kronis biasanya sakit kepala akan bertambah semakin parah jika tidak beristirahat total (tidur), merasa mual dan ingin muntah, sering merasakan denyut di kepala yang dibarengi dengan rasa nyeri dan rasanya sakit sekali.

Kita tidak boleh meremehkan sakit kepala sebelah, sebab migrain ini jika dibiarkan akan mengkibatkan penyakit berbahaya dan mematikan seperti salah satu contohnya adalah tumor otak. Kita pasti tahu seberapa mematikannya penyakit tersebut. Lantas bagaimana cara mengobati sakit kepala sebelah? Ada dua cara, dengan medis atau dengan menggunakan obat-obatan herbal.

Dan kali ini yang akan kita bahas adalah mengobati migrain dengan cara medis, caranya sebagai berikut:

Obat penghambat beta

Obat ini sering digunakan untuk mencegah terjadinya tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi yang tidak kunjung mendapatkan penanganan akan menyebabkan migrain secara berulang-ulang.

Menggunakan obat kejang

Penggunaan obat kejang untuk mengatasi sakit kepala sebelah ini nyatanya juga termasuk rekomendasi dari dokter bagi penderita migrain kronis. Sebab di dalam obat kejang tersebut terdapat sebuah bahan penenang yang mampu meredakan sakit kepala sebelah bagian kanan.

Obat yang mengandung antidepresan

Melihat dari namanya, bisa kita tebak bahwa obat ini adalah obat untuk orang-orang yang mengalami depresi atau rasa cemas yang berlebihan. Sama halnya dengan obat kejang di atas tadi, obat-obat jenis ini juga mengandung bahan penenang yang dapat mengobati rasa sakit kepala sebelah dengan cepat dan minim efek samping.

Botox

Botox atau Botulinum Toxin merupakan obat cair yang biasanya dimasukkan ke dalam tubuh melalui suntikan. Botox juga merupakan jenis obat antidepresan yang bisa menenangkan, jadi juga sangat baik untuk mengobati migrain kronis. Hanya saja, botox tidak boleh dijadikan alternative utama, pengobatan menggunakan botox ini harus dijadikan pilihan terakhir, sebab tidak boleh sembarangan digunakan begitu saja.

Komentar

Loading...