Tips Jitu Menghindari Kegagalan Bisnis Untuk Pemula

Tips Jitu Menghindari Kegagalan Bisnis Untuk Pemula

662
memuat...

Harianpost.co.id – Tidak usah munafik lagi, setiap orang yang menjalankan bisnis tujuan utamanya hanyalah satu, “mendapatkan keuntungan”. Mereka yang bilang bekerja/berwirausaha itu hanya sekedar untuk menambah pengetahuan dan pengalaman saja, bohong. Di balik mereka ingin mencari pengalaman mereka pasti juga ingin mendapatkan keuntungan. Dan itu artinya mendapatkan keuntungan tetap menjadi tujuan utama.

Tips agar bisnis tidak gagal
Tips agar bisnis tidak gagal – via pixabay.com

Seperti yang kita tahu bahwa berwirausaha memang banyak sekali tantangannya, terutama ketiak kita ingin memulainya. Terkadang kita selalu saja dibayang-bayangi oleh rasa takut akan gagal. Untuk seorang pemula ini wajar-wajar saja, tapi bagi yang sudah pernah menjalankan bisnis dan masih saja takut, ini yang tidak wajar.

Pada dasarnya rasa takut gagal ini harus dihilangkan dari dalam diri kita, sebab perasaan seperti itu hanya akan membuat kita sibuk berpikir saja tapi tanpa tindakan

Kita semua tidak ada yang tahu seperti apa usaha kita nantinya, yang bisa kita lakukan hanyalah berusaha semaksimal mungkin. Namun pastinya kita juga sudah memikirkan dengan baik dong apakah usaha yang ingin kita jalankan tersebut lak di pasaran atau tidak? Apakah bisnis yang akan kita jalankan ini nanti dibutuhkan banyak orang atau tidak?

Memikirkan hal-hal seperti itu memang baik dan itu wajib, tapi untuk pemula sepertinya mereka akan sangat kesulitan soal menentukan bisnis. Belum terbiasa berpikir, belum punya pengalaman, ditambah lagi kepikiran juga soal gagal atau berhasil usaha mereka nantinya.

Tapi tidak perlu khawatir, kali ini penulis akan mengajak kalian yang ingin mulai belajar berbisnis untuk mengawali bisnis pada momen-momen tertentu.

Apa maksudnya?

Maksudnya begini, kita akan mengawali bisnis kita pada hari-hari spesial seperti momen bulan puasa, hari raya idul fitri, hari raya idul adha, hari raya natal, valentine, dan momen-momen lainnya. Momen-momen tersebut memang tidak terjadi setiap hari, dan setiap momennya hanya terjadi 1 tahun sekali.

Wah, lama dong kita nanti nunggu momen itu datang lagi?

Dalam satu tahun banyak sekali momen-momen yang terjadi, bahkan hampir di setiap bulannya ada momen spesial jika mau mencarinya. Ditambah lagi jika sedang hoki, momen-momen spesial itu kadang bisa terjadi dalam satu bulan saja.

Lantas apa enaknya kita mengawali bisnis pada momen-momen seperti itu?

Yang pasti kita bisa dengan mudah mendapatkan keuntungan, dan mungkin saja keuntungan itu akan sangat besar sekali. Apakah akan pasti dapat untung? Tidak juga, tergantung bagaimana cara kita menjalankannya.

Nanti akan dijelaskan lagi, tetap lanjut baca saja ya.

Selain bisa dengan mudah mendapatkan keuntungan menjalankan bisnis di momen-momen tertentu, prosentase kegagalan bisnis kita akan sangat kecil sekali. Mengapa? Sebab sudah pasti bisnis yang kita jalankan saat itu sangat dibutuhkan oleh banyak orang, betul tidak?

Namun kelemahan menjalankan bisnis di momen tertentu itu bisnis kita sifatnya hanyalah bisnis jangka pendek, tapi jika kita pintar, keuntugannya bisa sangat luar biasa. Bisnis apa saja yang bisa kita lakukan ketika hari-hari spesial itu datang?

Itu tergantung dari hari spesial apa yang sedang atau yang akan kita hadapi. Yuk kita bahas satu persatu:

Momen bulan puasa (Ramadlan) dan hari raya idul fitri

Bisnis yang cocok ketika bulan puasa datang adalah bisnis kuliner dan bisnis pakaian (busana muslim, jilbab, dll). Di bulan ini banyak orang yang ingin mengadakan acara buka bersama dengan menu-menu yang berbeda, biasanya anak-anak muda. So, sebelum bulan datang buatlah bisnis catering dengan menyajikan berbagai macam pesanan makanan dan promosikan di media sosial.

Jadi ketika bulan puasa benar-benar sudah datang, kedai kita sudah dikenal dan dijamin tidak akan sepi.

Jika bulan puasa sudah mau berakhir, kita bisa mengembangkan bisnis kita dengan berjualan pakaian-pakaian busana muslim untuk menyambut datangnya hari raya idul fitri. Pada momoen hari raya idul fitri, bisnis pakaian masih menjadi bisnis yang nomor satu.

Hampir setiap orang ingin memiliki baju baru, celana baru, jilbab baru dan lain-lain pokoknya dandanan mereka ingin serba baru semua. Jika kita tidak berbakat berjualan pakaian, manfaatkan momen hari raya itu dengan menjalankan bisnis kuliner lainnya seperti kue lebaran.

Dijamin larisnya kayak jualan es lilin.

“Tapi aku tidak bisa membuat kue sendiri, gimana dong?”. Itu gampang, anda tinggal mencari orang-orang yang sudah ahli membuat kue, entah kue kering atau kue basah, terserah.

Lanjut lagi…

Momen hari raya natal dan tahun baru

Jika yang lainnya sedang menikmati liburan natal dan tahun baru, maka manfaatkan hari-hari itu untuk menikmati pundi-pundi rupiah datang dari bisnis kita.

Pada momen ini, seperti kue juga masih akan menjadi bisnis yang menjanjikan. Akan tetapi menjalanakan bisnis souvenir natal agaknya akan lebih menjanjikan lagi. Kita bisa berjualan pernak-pernik yang mengusung tema natal, bisa gantungan kunci, boneka kecil, bantal dengan tema santa claus, dll.

Hari besar natal ini memang hanya sehari saja, tapi jangan salah, sebab di belakang hari natal ada hari besar yang mana orang-orang seluruh dunia juga sedang merayakannya, tahun baru.

Karena waktu yang hampir berdekatan itu, jadi usahakan kita bisa memadukan momen tersebut di dalam satu bisnis agar tidak buang-buang tenaga. Selain souvenir, bisnis pakaian couple sepertinya juga menjadi solusi terbaik.

Momen hari valentine

Yang belum tahu apa itu hari valentine berarti pertanda dia itu jomblo kelas kakap, sebab hampir semua orang tahu dari yang muda bahkan orang tua pun tahu kalau hari valentine itu “hari kasih sayang”. Di hari itu, sudah barang tentu aka nada banyak pasangan yang akan saling bertukar kado.

Jadi manfaatkan momen tersebut menjadi ladang bisnis yang sekiranya bisa dipakai untuk kado pada seseorang. Contoh, jualan aksesoris dengan tema cinta, atau gantungan kunci yang ada namanya dari kedua pasangan, dan lagi-lagi kaos couple sepertinya masih menjadi pilihan terbaik di momen ini.

Momen hari raya idul adha

Momen ini akan sangat menguntungkan untuk berdagang kambing dan bagi kalian yang pintar dalam hal perdagangan atau tawar menawar. Jika tidak punya kambing untuk dijual, kita bisa menjualkan kambing orang lain dengan harga yang lebih tinggi.

Tidak perlu khawatir tidak laku, di momen hari raya idul adha ini banyak sekali orang yang sedang ingin membeli kambing untuk di qurban, dan hebatnya lagi harga dari kambing ini bisa naik hingga 3 kali lipat.

Jika kita telaten, belilah kambing jauh-jauh hari sebelum idul adha tiba sebab harganya akan jauh lebih murah. Dan ketika idul adha datang, kita tinggal mendapatkan keuntungan 3 kali lipatnya. Mudah kan?

Itulah momen-momen spesial yang bisa kita manfaatkan untuk menjalankan bisnis atau untuk belajar berbisnis dengan kemungkinan kerugian atau kegagalan yang kecil. Lakukan bisnis ini satu sampai 3 kali, maka kita akan sudah terbiasa dengan dunia bisnis.

Setelah itu, barulah kita belajar mengenal bisnis-bisnis jangka panjang. Selamat mencoba dan semoga sukses mengawali bisnis anda, tetap semangat.

Komentar

Loading...