Daftar Wisata Kota Karanganyar Solo Yang Terkenal

Daftar Wisata Kota Karanganyar Solo Yang Terkenal

895
memuat...

Harianpost.co.id – Karanganyar merupakan sebuah kabupaten yang terletak di kota Solo, Jawa Tengah. Karanganyar dijadikan sebagai kota pusat administrasi dan jaraknya sekitar 14 km dari kota Surakarta. Kabupaten karanganyar ini dikelilingi oleh kota Kota-kota besar di Solo, seperti kota Sragen di sebelah utara, kota Ngawi dan Magetan (Jawa Timur) di bagian timur, kota Sukoharjo di bagian barat, dan kota Wonogiri di bagian selatan.

Alasan kota karanganyar ini dijadikan sebagai kota administrasi adalah karena banyaknya orang luar kota yang berkunjung ke kota tersebut untuk menikmati wisata-wisata yang ada di kota Karanganyar. Ya, kota karanganyar memang memiliki beberapa tempat wisata yang sangat menarik dan tempat wisata itu sudah memiliki nama besar di Indonesia, salah satu contohnya adalah keberadaan air terjun Grojogan Sewu yang ada di daerah Tawangmangu.

Selain terkenal dengan air terjunnya, di kota karanganyar juga terkenal dengan salah tempat wisata yang dulu adalah sebuah pabrik. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa tempat wisata menarik yang ada di kota karanganyar, Solo.

Wisata air terjun Grojogan sewu

Air Terjun Grojogan Sewu
Air Terjun Grojogan Sewu – via Wikipedia

Air terjun Grojogan sewu ini masih masuk dalam daftar air terjun terbesar di Indonesia, maka wajar jika kemudian tempat ini menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan domestik untuk menikati keindahannya. Letak air terjun grojogan sewu ini berada sekitar 27 km dari pusat kota karanganyar ke arah timur, tepatnya berada di lereng gunung lawu.

Grojogan sewu tampak semakin indah sebab di sekitar air terjun ini terdapat pemandangan yang sangat indah yang mana masih termasuk dalam kawasan hutan wisata karanganyar. Dinamakan ‘Grojogan Sewu’ (pancuran seribu) bukan berarti tempat ini memiliki seribu air terjun, hanya saja ada lebih dari satu air terjun yang bisa kalian nikmati. Terlebih lagi di muim hujan, maka akan ada banyak sekali titik air terjun yang mengalir di sekitar air terjun pusat atau yang terbesar di tempat itu.

Agrowisata Sondokoro

Agrowisata Sondokoro
Agrowisata Sondokoro – via Wikipedia

Temapt wisata keluarga ini mulai dibuka pada tahun 2005, pada awalnya tempat ini adalah sebuah pabrik gula yang beroperasi pada jaman penjajahan belanda. Tempat ini dulunya adalah temapt tertutup lantas pemerintah setempat memutuskan membuka tempat ini untuk umum.

Mengingat bahwa dulunya adalah tempat pabrik gula, maka di tempat ini kalian selain bisa menikmati indahnya taman dan wahana permainan air dari anak-anak hingga dewasa, kalian juga bisa menikmati peninggalan sejarah buatan Belanda seperti mesin pembuat gula yang ukurannya besar-besar, serta fasilitas wisata pendidikan ternyata juga ada di dalamnya.

Biaya masuknya sangat murah sekali, hanya 5 ribu rupiah saja dan kalian bisa masuk, di jamin betah berlama-lama disana.

Wisata Kebun Teh Kemuning

Wisata Kebun Teh Kemuning
Wisata Kebun Teh Kemuning – via Wikipedia

Satu lagi rekomendasi tempat wisata menarik di kota Karanganyar, yaitu wisata alam kebun teh kemuning. Di kebun teh kemuning ini kalian bisa menikmati indahnya pegunungan dengan hamparan kebun teh berwarna hijau plus udaranya yang sangat sejuk sekali. Menariknya lagi, tempat ini juga dijadikan sebagai aktifitas oalhraga paralayang, jadi selaiin kalian nanti bisa bermesraan dengan alam yang indah, kalian juga bisa menikmati serunya paralayang seperti yang ada di tempat wisata kota Batu, Malang.

Lokasi kebun teh kemuning ini juga tidak jauh dari tempat air terjun grojogan sewu, sebab wisata alam kebun teh kemuning juga masih berada di kawasan gunung lawu. Selain itu, rute perjalanannya juga searah dengan wisata candi ceto dan air terjun Jumog. Sekali jalan, kalian bisa mampir ke berbagai tempat wisata menarik. Keren kan? (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...