Mengobati Lidah Bayi Putih Dengan Obat Medis

Mengobati Lidah Bayi Putih Dengan Obat Medis

758
memuat...

Harianpost.co.id – Lidah bayi yang memutih itu sudah umum terjadi, biasanya itu terjadi ketika bayi barus saja meminum susu dan perlahan-lahan akan menghilang dengansendirinya. Namun jika warna putih pada lidah bayi itu kunjung menghilang, orang tua harus berhati-hati sebab bayi tersebut kemungkinan besar mengalami infeksi lidah bayi putih.

lidah bayi putih
Lidah bayi putih

Sebenarnya lidah putih ini tidak hanya menyerang bayi atau anak-anak saja, akan tetapi juga bisa menyerang orang dewasa. Penyebab terjadinya lidah bayi putih itu karena adanya jamur ragi yang dikenal dengan nama Candida albicans. Jamur  jenis in sebenarnya memang ad di dalam lidah orang-orang yang sehat, akan tetapi jika pertumbuhannya tidak normal atau terlalu cepat justru bisa menginfeksi selaput-selaput di dalam mulut.

Warna putih pada lidah itu bisa terilhat dalam bentuk butiran-butiran kecil atau bintik-bintik seperti keju berwarna putih pada permukaan lidah, atau bisa di langit-langit, pipi bagian dalam, atau mungkin pada gusi. Sedangkan bayi lebih berpotensi mengalami lidah bayi putih.

Itu disebabkan karena system kekebalan tubuh pada bayi masih belum sempurna dibandingkan dengan orang dewasa sehigga tubuh bayi tidak mempunyai cukup kekuatan untuk melawan infeksi. Sementara itu, bayi yang sering terkena lidah bayi putih adalah bayi yang dilahirkan secara premature, atau bayi tersebut lahir sebelum berusia 37 minggu kehamilan. Sebab bayi premature mengalami lidah bayi putih ini juga bisa disebab karena penggunaan zat antibiotic ketika membantu proses kelahiran, selain itu bayi premature juga belum memiliki daya imun yang kuat.

Hal penting yang perlu diketahui oleh ibu-ibu yang sedang menyusui, bahwa lidah bayi putih ini atau jamur Candida bisa menular pada puting susu ibu ketika bayi yang mengalami infeksi lidah tersebut baru saja menyusu pada ibunya. Biasanya putting susu yang terkena jamur candida ini akan mengalami gejala-gejala seperti puting gatal, di sekitar puting menjadi sedikit bersisik, atau mungkin rasa nyeri pada payudara ketiak menyusui bayi.

Pada dasarnya, lidah bayi putih ini bukan termasuk masalah besar atau bahkan penyakit esrius, hanya saja ketika bayi lidahnya putih dan ada luka di dalamnya maka bayi tersebut sudah pasti akan enggan untuk menyusu dan kalau memang parah, biasanya akan selalu menangis atau rewel.

Namun anda tidak perlu khawatir, jika bayi anda mengalami lidah bayi putih, anda bisa mengobatinya dengan beberapa obat medis yang dikenal ampuh mengobati dan mengatasi lidah bayi putih. Berikut adalah obat-obatan medis untuk menghilangkan lidah bayi putih:

Obat tetes Nistatin

Walaupun nantinya lidah bayi putih ini akan sembuh dengan sendirinya, akan tetapi akan lebih baik jika masalah tersebut cepat teratasi. Obat Nistatin merupakan salah satu obat rekomendasi dari dokter bayi yang berfungsi sebagai obat anti jamur.

Untuk obat nistatin, ada dua jenisnya, dan jenis obat nistatin yang paling sering digunakan adalah obat nistatin jenis tetes. Sebab cara menggunakannya yang cukup mudah sekali, tinggal meneteskan ke permukaan lidah dan tanpa efek samping apa-apa terhadap bayi.

Obat oles Miconazole

Obat oles miconazole ini merupakan obat oles yang berbentuk jelly, cara penggunaannya juga cukup mudah sekali, hanya dengan mengoleskan ke bagian permukaan lidah. Tapi perlu diingat anda terlebih dulu mencucui jari hingga bersih agar tidak terjadi masalah yang lebih serius, dan jangan mengoleskan terlalu dalam untuk menghindari resiko bayi tersedak. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...