Cara Mengatasi Pilek Pada Bayi Yang Dijamin Sembuh

Cara Mengatasi Pilek Pada Bayi Yang Dijamin Sembuh

2292
memuat...

Harianpost.co.id – Bayi memang terlahir dengan system daya tahan tubuh yang kurang sempurna, dan itulah yang menyebabkan bayi sangat rentan sekali terhadap berbagai macam penyakit, termasuk salah satunya adalah pilek. Saking rentannya, bahkan terhitung ada 200 jenis virus yang bisa menjadi penyebab bayi pilek.

Cara mengatasi pilek pada bayi
Cara mengatasi pilek pada bayi – foto:dokteranakku.net

Pilek itu sendiri selalu ditandai dengan cairan jernih yang keluar dari dalam hidung yang mana lama-kelamaan akan berubah menjadi kekuningan-kuningan dan agak kental yang seringkali disebut dengan ingus. Jika pilek tersebut parah, maka biasanya akan disertai dengan batuk-batuk dan demam.

Sebelum kita melanjutkan pada bagian cara mengatasi pilek pada bayi, ada baiknya kita tahu bahwa pilek pada bayi itu sendiri sebenarnya merupakan proses menyingkirkan kuman-kuman di dalam tubuh bayi tersebut. Hanya saja jika cairan yang keluar dari dalam hidung itu terlalu banyak terkadang bisa juga mengganggu pernafasan bayi, dan biasanya akan ditandai dengan bayi terus menangis.

Nah berikut ini adalah berbagai cara untuk mengatasi pilek pada bayi yang bisa ibu-ibu lakukan di rumah:

  • Anda bisa menggunakan ruangan ber-AC untuk mencegah hidung bayi tersumbat. Tempatkan bayi di dalam ruangan tersebut, jika mereka merasa nyaman anda bisa menambahkan mentol di dekat hidungnya untuk melegakan hidung.
  • Jika sekiranya pilek tersebut sudah sangat mengganggu bayi itu, maka yang perlu anda lakukan adalah meneteskan cairan air garam ke ujung lubang hidungnya untuk mengencerkan lender. Dan jika anda mempunyai alat penyedot ingus, sedotlah ingus yang sudah encer tersebut menggunakan alat penyedot itu.
  • Sementara itu untuk membantu meringankan pernafasannya, anda bisa menepuk-nepuk punggungnya secara perlahan guna meringankan pernafasannya. Caranya, buatlah bayi tersebut posisinya tengkurap, atau anda bisa meletaknya bayi pada pangkuan anda dan condongkan kea rah depan lalu teuk punggungnya perlahan.
  • Setelah anda melakukan langkah-langkah diatas, anda bisa mengoleskan gel petroleum untuk mencegah terjadinya iritasi di bagian luar hidung.
  • Biasanya akan ada lendir yang mengeras di bagian luar hidung dan bagian dalam, sebaiknya bersihkan dengan menggunakan kapas yang sudah dibasahi dengan air hangat.
  • Untuk bayi yang sudah berusia 6 bulan, anda bisa memberikannya teh hangat, hal ini sudah terbukti ampuh untuk membantu meringankan hidung terseumbat.
  • Usahakan untuk tidak pernah menggunakan spray hidung, jika anda ingin menggunakannya sebaiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter.

Itulah beberapa langkah untuk mengatasi pilek pada bayi yang harus anda lakukan untuk pertolongan pertama akan tetapi kebanyakan akan sembuh dengan langkah-langkah diatas. Yang perlu anda perhatikan adalah jangan sembarangan memberikan obat pada bayi.

Jika pilek yang dialami bayi itu tidak mengganggu pola makannya atau tidak mengurangi aktifitas-aktifitas pada bayi tersebut, maka sebenarnya pilek itu tidak memerlukan tindakan khusus. Ini sangat penting agar orang tua tidak memberikan obat-obatan bebas kepada anak berusia di bawah 6 tahun karena efek sampingnya pada bayi  akan sangat berbahaya sekali. Jika tetap ingin memberikan obat ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.

Perlu kita tahu bahwa merawat bayi itu perlu hati-hati, dan tidak boleh gegabah. Sebab selain bayi rawan terkena penyakit, semua anggota tubuh bayi masih sangat lunak sekali. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...