Obat Alami Paru-Paru Basah Dan Cara Penggunaannya

Obat Alami Paru-Paru Basah Dan Cara Penggunaannya

5012
memuat...

Harianpost.co.id – Penyakit paru-paru basah ini tergolong dalam penyakit yang sangat serius, dan apabila penderita tidak segera mendapatkan penanganan baik secara medis maupun pengobatan secara alami bisa berakibat fatal. Penanganan tersebut bisa dilakukan ketika masih timbul gejala-gejala paru-paru basah.

Paru-paru basah
Paru-paru basah – Foto: Tribunnews.com

Paru-paru basah yang dalam bahasa ilmiahnya bernama preumonia terjadi ketika terjadi infeksi pada salah satu paru-paru seseorang yang diakibatkan oleh adanya virus, jamur atau bakteri yang menyerang bagian paru-paru. Sehingga hal itu mengakibatkan peradangan pada bagian kantong udara di dalam paru-paru.

Gejala paru-paru basah sendiri ada yang ringan ada juga gejala yang berat, di bagian alveoli ketika pada penderita paru-paru basah biasanya akan dipenuhi dengan nanah atau cairan, mungkin karena itulah penyakit ini dinamakan paru-paru basah.

Adapun Gejala paru-paru basah itu yang paling umum adalah penderita akan mengalami percepatan pada nafas mereka, sering mengalami batuk kering, dada juga sering terasa sakit, nyeri otot, demam bahkan hingga merasa menggigil. Jika mengalami gejala-gejala tersebut, maka anda patut untuk waspada dan segeralah memeriksakannya ke dokter.

Sementara gejala yang berat biasanya penderita akan sering merasa seperti kebingungan, sesak nafas, batuk yang disertai dengan darah, hingga kulit terlihat agak kebiruan. Nah untuk penanganan pertama, baiknya lebih dahulu anda menggunakan cara alami untuk mengobati paru-paru basah sebelum membawanya ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Kunyit dan minyak mustard

Banyak sekali masalah kesehatan yang bisa sembuh dengan bahan rempah-rempah yang satu ini, kunyit. Hingga penyakit seperti paru-paru basah sekalipun bisa disembuhkan, sebab di dalam kunyit sendiri telah mengandung zat anti bakteri dan antiviral.

Cara penggunaannya: Jika anda memiliki bubuk kunyit, maka campurkanlah dengan minyak mustard dan buatlah adonan hingga menjadi seperti pasta. Kemudian oleskan ke bagian dada tempat dimana paru-paru tersebut berada. Jika tidak memiliki bubuk kunyit, anda bisa mencari kunyit mentah kemudian di parut, baru dicampurkan dengan minyak mustard tadi.

Minyak oregano

Minyak oregano terkenal dengan kandungan anti jamurnya, anti bakteri dan juga anti viral, sehingga banyak orang yang menggunakan minya oregano ini sebagai obat alami untuk penyakit paru-paru basah.

Cara penggunannya: Campurkan satu atau dua tetes minyak oregano tersebut dengan segelas air putih atau bisa juga dengan jus segar, sesudah itu minumkanlah ke penderita paru-paru basah secara rutin tiga kali sehari. Cara ini sudah terbukti mampu bekerja dengan sangat cepat menyembuhkan paru-paru basah.

Ramuan Bunga sepatu

Untuk obat alami yang satu ini memang belum banyak yang tahu, akan tetapi bunga sepatu memang ampuh sebagai obat herbal untuk penyakit paru-paru basah.

Cara penggunaannya: Cuci bunga sepatu tersebut hingga bersih, kemudian tumbuk hingga halus. Setelah itu campurkan ke dalam air lalu rebuslah sampai mendidih. Anda juga bisa menambahkan garam, setelah mendidih kira-kira 10 menit saringlah dan minumkan ke penderita paru-paru basah. Minumlah ramuan bunga sepatu ini tiga kali sehari selama beberapa hari hingga paru-paru basah berkurang dan mengalami kemajuan.

Minyak terpentin

Selain minyak oregano, minyak terpentin juga sudah terbukti sangat ampuh sekali mengobati paru-paru basah. Minyak ini bisa melegakan gejala-gejala ringan hingga gejala berat paru-paru basah dan itu artinya miyak terpentin juga akan mengobati paru-paru basah.

Cara penggunaannya: cara mengobati paru-paru basah dengan minyak terpentin ini sangat mudah, cukup dengan menggosokkannya ke bagian dada dimana letak paru-paru tersebut berada. Anda juga bisa mencampurkannya dengan kapur barus, setelah diolesi minyak terpentin, anda bisa menutup dada tersebut dengan kapas yang hangat dan juga kain wol. Pokoknya usahakan agar dada penderita itu merasakan hangat.

Itulah keempat obat alami untuk paru-paru basah yang paling mudah anda lakukan di rumah dan sudah terbukti ampuh untuk menyembuhkan paru-paru basah. Selain itu, bahan-bahannya juga sangat mudah untuk didapatkan. Penting untuk diperhatikan bahwa paru-paru basah seringkali dialami oleh mereka yang mempunyai kebiasaan merokok dan meminum minuman beralkohol, jadi berhati-hatilah dan kalau bisa jauhi dua kebiasaan tersebut. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...