Penyebab Wasir Setelah Melahirkan Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Wasir Setelah Melahirkan Dan Cara Mengatasinya

959
memuat...

Harianpost.co.id – Bagi seorang ibu yang baru saja melahirkan, mengalami wasir sepertinya memang sudah menjadi hal yang biasa terjadi dan kondisi seperti itulah yang sering membuat ibu-ibu itu merasa tidak nyaman dengan duburnya.

Wasir Usai Melahirkan
Wasir Usai Melahirkan

Seorang ibu yang mengalami wasir biasanya pada sekitar dubur akan terdapat benjolan sebagai akibat dari terjadinya pembengkakan pembuluh darah. Kondisi tersebut biasanya juga ajan mengakibatkan rasa gatal-gatal di sekitar dubur, bahkan terkadang juga ada rasa perih atau nyeri, jika wasir yang dialami tergolong parang biasanya akan disertai dengan keluarnya darah ketia sedang buang air besar.

Setelah dilakukan penelitian, ada tiga penyebab wasir setelah melahirkan, diantaranya adalah:

Hormon progesterone mengalami peningkatan

Hormon progesterone yang mengalami produksi secara berlebihan ketika masa-masa kehamilan juga sangat mempengerahui seorang ibu akan mengalami wasir sebab saluran usus akan menjadi lambat hingga akhirnya terjadi konstipasi. Konstipasi inilah yang nantinya bisa memicu seseorang dalam kondisi mengejang ketika buang air besar.

Tertekannya pembuluh darah

Wanita hamil lebih berpotensi mengalami tekanan pembuluh darah, bahkan bisa dipastikan akan selalu mengalami tekanan pembuluh darah di sekitar panggul karena membesarnya rahim. Dan itulah yang menyebabkan wanita lebih rentan mengalami wasir ketika hamil dan ketika baru saja melahirkan.

Ketika melahirkan, ibu mengejang

Ketika seorang ibu berjuang untuk mengeluarkan bayi dari dalam rahim kebanyakan dari mereka akan selalu mengejang. Saking kuatnya mereka mengejang itulah hingga menyebabkan pembuluh darah di sekitar area rahim dan juga dubur menjadi tertekan hingga pada akhirnya sangat mudah mengalami wasir ketika buang air besar.

Wasir kenyataannya bisa dialami oleh siapa saja, tidak hanya pada ibu hamil atau ibu yang baru saja melahirkan. Wasir bisa saja menyerang seseorang yang mempunyai kebiasaan jarang minum air putih.

Lantas bagaimana cara mengatasi wasir pada ibu hamil atau ibu yang baru saja melahirkan?

Walaupun sebenarnya wasir bisa hilang alias sembuh dengan sendirinya, akan tetapi tetap dianjurkan untuk segera mengatasinya dan mengobatinya. Mempercepat sembuhnya wasir itu lebih cepat, sebab kondisi wasir benar-benar tidak nyaman dan kadang juga menyakitkan.

Berikut ini adalah cara untuk mengatasi wasir pada ibu hamil atau yang baru melahirkan:

  • Memperbanyak minum air putih jelas sangat dianjurkan sekali, ditambah lagi dengan memberpanyak mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung serat tinggi.
  • Jangan ditahan ketika anda merasa sedikit ingin buang air besar, kotoran yang tertahan itu nantinya akan semakin mengeras dan tentu itu akan sulit untuk dikeluarkan dan pasti sakit sekali rasanya. Bahkan tekstur kotoran yang kering dan keras biasanya akan memicu seseorang untuk lebih mengejang ketika buang air besar.
  • Usahakan meluangkan waktu untuk berolah raga, biasanya ibu yang baru melahirkan akan semakin sulit mendapatkan waktu untuk olah raga karena terlalu sibuk dengan bayi. Tidak perlu olah raga berat, olah raga dengan gerakan-gerakan ringan bisa sangat membantu melemaskan otot dan pembuluh darah yang tertekan.
  • Kalau perlu, lakukan senam kegel dengan rutin. Senam kegel sangat membantu untuk meningkatkan dan memperlancar sirkulasi darah di sekitar dubur.
  • Jika anda memutuskan untuk pergi ke dokter, baiknya mintalah obat atau suplemen untuk mengencerkan tinja atau kotoran plus sebagai obat wasir.

Ketika anda masih dalam masa-masa penyembuhan wasir, biasanya rasa tidak nyaman di sekitar dubur tetap terasa. Untuk mengurangi rasa nyeri itu anda bisa mengompresnya dengan menggunakan es yang terbalut dengan handuk. Lakukan hal itu beberapa kali dalam sehari. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...