Daftar Wisata Kota Gresik Yang Tak Kalah Dengan Bali

Daftar Wisata Kota Gresik Yang Tak Kalah Dengan Bali

1540
memuat...

Harianpost.co.id – Terkenal sebagai kota Industri, menjadikan kota Gresik sebagai kota yang panas dan terkesan sumpek.  Ya, kota yang berbatasan dengan Surabaya di bagian timur ini merupakan salah satu kota Industri terbesar di Indonesia dengan hadirnya beberapa perusahaan besar seperti contohnya semen, petrokimia, ajinomoto, tjiwi kimia, dan berbagai macam perusahaan eletronik lainnya berbaur di satu kota, Gresik.

Akan tetapi, kesan kota Gresik yang terkenal panas dan sumpek sebagai akibat dari banyaknya perusahaan industri itu ternyata menyimpan beberapa tempat wisata yang sangat mempesona dan bahkan salah satu dari tempat tersebut keindahannya tak kalah dengan apa yang ada di pulau Dewata Bali.

Pemandangan alam yang ada di kota Gresik ini benar-benar tidak boleh kalian remehkan begitu saja, kalian bahkan akan menemukan keunikan dari wisata-wisata di kota Gresik ini yang belum tentu bisa kalian lihat di tempat wisata lainnya. Kalian pasti penasaran kan dengan tempat wisata tersebut? Berikut ini adalah beberapa tempat wisata di kota Gresik yang patut kalian datangi.

Wisata Pulau Bwean

Wisata Pulau Bwean
Wisata Pulau Bwean

Letak pulau bawean ini ada di tengah-tengah Laut Jawa, akan tetapi pulau ini ternyata masih masuk dalam kawasan kabupaten Gresik. Jarak pulau Bawean dengan Gresik ini sangat jauh sekali, sekitar 120 km dan ternyata di pulau Bawean ini banyak sekali menyimpan eksotisme wisata di dalamnya. Ya, pulau Bawean ini dikelilingi oleh pantai pasir putih yang sangat indah sekali, di dalamnya juga ada pemandian air panas, danau kastoba, air terjun, hingga pulau Noko yang bisa kalian capai dengan berjalan kaki sebab tinggi air lautnya hanya sebatas lutut ketika air sedang surut.

Di pulau bawean ini juga mempunyai seekor hewan yang dijadikan mascot kota Gresik, yaitu rusa Bawean (Axis Kuhli). Kalian bisa membuktikan sendiri betapa elok pulau Bawean ini.

Wisata Pantai Delegan

Wisata Pantai Delegan
Wisata Pantai Delegan – foto: sobatpetualang.com

Selain pulau bawean, pantai delegan juga termasuk wisata yang sangat populer di kota Gresik. Jadi, mengingat bahwa tempat ini sudah terkenal, tak heran jika pantai delegan ini akan ramai pengunjung, terlebih lagi ketika hari libur tiba. Sama halnya dengan pantai di pulau bawean diatas, pantai delegan juga berhiaskan pasir putih plus ombaknya yang kalem.

Berhubung wisata pantai delegan ini hanya dikelola oleh warga setempat saja, jadi wajar jika fasilitas-fasilitas yang ada juga sangat terbatas dan sederhana. Namun semua itu tertutupi oleh keindahan pantainya. Kalian yang datang berlibur ke pantai delegan pada bulan Agustus bisa sekaligus menyaksikan perlombaan bahari di tempat ini.

Wisata Telaga Ngipik

Wisata Telaga Ngipik
Wisata Telaga Ngipik – foto: flickr.com

Di awal artikel tadi kalian pasti sudah tahu bahwa Gresik memang kota yang panas dan sumpek, namun siapa yang menyangka bahwa di dalam kota ini juga menyimpan kesejukan dan keasrian yang mana itu bisa kalian rasakan di telaga ngipik. Dan jangan dikira tempat ada di pegunungan, justru tempat telaga ngipiki ini ada di tengah-tengah kota. Telaga ngipik ini juga dikenal dengan sebutan Taman Wisata Giri Wana Tirta.

Posisi telga ngipik ini hanya sekitar 1.5 km dari pusat kota atau alun-alun Gresik.Sambil menikmati keindahan alam dan kesejukan udaranya, kalian bias menyaksikan aktifitas Sky air yang biasanya dilakukan oleh anggota PSASI (Persatuan Ski Air Seluruh Indonesia), itu jika kalian beruntung.

Wisata Bukit Jamur

Wisata Bukit Jamur
Wisata Bukit Jamur – foto: liputan6.com

Sekilas mungkin sulit untuk dipercaya jika di kota Gresik ini ada perbukitan yang penuh dengan jamur raksasa, tapi itulah kenyataannya. Bukit jamur ini letaknya tepat berada di bukit kapur sekitar 5 hingga 6 km dari gunung sekapuk. Tepat di dalam lokasi bukit jamur ini terdapat bekas galian tambang yang sudah tidak digunakan lagi, dan sekarang juga menjadi trend tempat wisata karena bekas galian tambang itu bentuknya sangat unik sekali.

Kalian yang datang ke kota Gresik sepertinya akan menyesal jika tidak berkunjung ke beberapa tempat wisata di kota gresik yang sudah kami sebutkan di atas tadi. Jadi, tidak perlu jauh-jauh pergi ke Bali, Gresik punya pulau Bawean. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...