Daftar Wisata Karimunjawa, Kepulauan Dunia Fantasi Yang Mengagumkan

Daftar Wisata Karimunjawa, Kepulauan Dunia Fantasi Yang Mengagumkan

347
memuat...

Harianpost.co.id – Kepulauan Karimunjawa adalah salah kepulauan yang masih termasuk dalam wilayah jepara yang menawarkan keindahan alam laut luar biasa indah. Secara geografis kepulauan Karimunjawa ini berada di kabupaten Jepara, Jawa Tengah, dan berada di pesisir pantai utara Pulau Jawa. Saking indahnya, kepulauan Karimunjawa ini ditetapkan sebagai Taman Nasional yang hampir keseluruhannya berupa taman laut yang sangat jernih sekali.

Kalian bahkan tidak perlu untuk menyelam agar bisa meliaht dasar lautnya, sebab saking jernihnya dan berwarna agak kebiruan. Selain itu, di hamparan pantainya juga banyak terdapat terumbu karang yang sangat cantik sekali serta hiasan pasir putih menyelimuti di setiap pantai yang ada di kepulauan karimunjawa ini. Penulis yakin kalian ketika datang ke tempat ini akan segan untuk kembali pulang sebab suasana di tempat benar-benar seperti dunia fantasi, benar-benar sangat indah dan nyaman sekali.

Secara keseluruhan, kepulauan Karimunjawa ini total ada sekitar 27 pulau, hanya saja dari semua pulau tersebut ada lima pulau saja yang besar dan ada penghuninya. Sementara pulau yang lainnya tidak ada penghuninya, namun kalian tidak perlu khawatir sebab posisi dari setiap pulaunya sangat dekat sekali. Jika di papua punya wisata raja ampat, maka di Jepara punya kepulauan karimunjawa yang juga menjadi surga bagi para penyelam.

Wisata bawah laut kepulauan Karimunjawa ini menawarkan sekitar 90 jenis terumbu karang unik dan ada sekitar 240 spesies ikan yang berbeda. Bagi kalian yang takut dengan kedalaman air, kalian bisa menyewa perahu yang lantai bawahnya terbuat dari kaca sehingga kalian tetap bisa menikmati keindahan bawah laut di kepulauan karimunjawa ini.

Tak hanya keindahan bawah laut dan keindahan pantai, di kepulauan Karimunjawa ini banyak terdapat beraneka macam satwa yang hidup di daratan seperti kera, penyu, rusa dan masih banyak lagi satwa yang hidup disana, kecuali hariamu dan singa. Dengan begitu, wajar jika kepulauan ini disebut dunia fantasi-nya Indonesia.

Sangat tepat juga kiranya jika kepulauan Karimunjawa ini masuk dalam daftar kunjungan wisata kalian untuk menghabiskan hari libur panjang, sebab kalian pasti tidak akan puas hanya dengan berkunjung selama sehari saja. Penasaran? Berikut ini adalah daftar wisata di kepulauan Karimunjawa yang paling terkenal:

Pantai Ujung Gelam

Pantai Ujung Gelam
Pantai Ujung Gelam – foto: via yukpiknik.com

Dinamakan pantai ujung gelam, sebab kalian yang ingin menikmati keindahan pemandangan sunset, di pantai inilah spot atau tempat terbaiknya, terlebih lagi jika cuacanya sedang cerah, keindahannya benar-benar mampu membuat kalian untuk tidak ingin pergi dari pantai Ujung Gelam. Sejatinya pantai ujung gelam ini memang sudah indah tidak hanya ketika sore hari, pantai ini memiliki pasir putih yang sangat bersih serta ombak yang sangat tenang. Cocok sekali untuk rileksasi.

Pantai Barakuda

Pantai Barakuda
Pantai Barakuda – foto: via yukpiknik.com

Letak pantai Barakuda ini ada di pulau Kemujan, salah satu pulau terbesar di kepulauan Karimunjawa. Selain memiliki pantai Barakuda yang indah dengan air yang jernih sekali, dari pulau kemujan ini kalian bisa melihat pulau-pulau lain dengan spot yang sangat indah sekali. Di pulau kemujan ini juga sudah didirikan sebuah hotel kelas atas yang tentu harganya tidak murah, tapi bagi kalian yang punya duit banyak, bisa mencoba fasilitasnya.

Pantai Nirwana

Pantai Nirwana
Pantai Nirwana – foto: via yukpiknik.com

Di antara pantai-pantai yang ada di kepulauan Karimunjawa, pantai Nirwana inilah yang paling panjang dengan pasir putihnya yang indah. Letak pantai Nirwana ini ada di pulau karimun jawa (pulau terbesar di kepulauan Karimunjawa) di bagian timur. Yang membuat pantai nirwana ini semakin elok adalah pemandangan pohon kelapa yang ada di sepanjang pantainya, pemandangannya benar-benar ‘pantai banget’.

Pantai Batu Topeng

Pantai Batu Topeng
Pantai Batu Topeng – foto: via yukpiknik.com

Letak pantai Batu Topeng ini masih satu garis dengan pantai tanjung gelam (ujung gelam), yang mana pemandangan ketika sore atau senja juga sangat indah sekali dengan hiasan langit berwarna orange di ujung barat. Di sepanjang pantai ini banyak terdapat bebatuan, karena itulah nama pantainya adalah pantai batu topeng.

Pulau Menjangan Kecil

Pulau Menjangan Kecil
Pulau Menjangan Kecil – foto: via yukpiknik.com

Bagi kalian yang belum pernah mencoba untuk snorkeling, pantai yang ada di pulau menjangan kecil ini bisa jadi tempat terbaik sebab pemandangan laut dan bawah lautnya sangat memikat hati. Bagi kalian yang sudah pernah snorkeling pun sepertinya akan ketagihan bertamasya ke pulau menjangan kecil.

Pulau Cemara Besar

Pulau Cemara Besar
Pulau Cemara Besar – foto: via yukpiknik.com

Seperti yang sudah dijelaskan sedikit di awal tadi bahwa banyak pulau yang tidak berpenghuni di kepulauan Karimunjawa ini, akan tetapi bukan berarti pulau cemara besar tidak memiliki tempat yang indah, justru pulau cemara besar ini merupakan pulau yang tak berpenghuni tapi ramai dikunjungi wisatawan karena pesona pantai dangkalnya yang sangat luar biasa. Saking dangkalnya bahkan perahu saja sampai tidak bisa berlabuh di pantai ini. Pantai di pulau cemara besar ini akan menawarkan wahana air laut alami yang sangat menyenangkan dan tentunya sangat indah sekali. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...