Daftar Wisata Kota Jepara Yang Paling Populer

Daftar Wisata Kota Jepara Yang Paling Populer

969
memuat...

Harianpost.co.id – Kabupaten Jepara sering kita kenal sebagai kota dengan ciri khas ukiran kayunya yang sangat indah sekali dan memilik tekstur sulit. Selain itu, Jepara ternyata terkenal sebagai kota wali, sebab di kota tersebut banyak sekali terdapat makam para Wali, di tambah di kota itulah tokoh bangsa R.A Kartini di besarkan.

Kota Jepara ini terletak di pesisir pantai utara Pulau Jawa yang meliputi kepulauan karimunjawa dengan pesona alamnya yang sangat luar biasa fantastis. Sementara itu di bagian timur kota Jepara adalah daerah pegunungan yang juga menyuguhkan banyak pemandangan indah termasuk di dalamnya ada sebuah air terjun yang tinggi sekali, yaitu air terjun songgo langit.

Dengan letaknya yang ada di pesisir pantai utara, wajar jika Jepara kaya akan tempat wisata pantai dengan pemandangan yang memanjakan dan menyegarkan mata, hampir semuanya di dominasi dengan pantai. Dari pada penasaran, berikut ini adalah tempat-tempat wisata yang ada di kota Jepara:

Wisata kepulauan Karimunjawa

Wisata kepulauan Karimunjawa
Wisata kepulauan Karimunjawa – foto: via mytrip123.com

Yang satu ini hampir semua orang Indonesia mengenalnya tapi faktanya masih ada saja sebagian orang yang belum tahu. Kepulauan Karimunjawa bisa dikatakan sebagai tandingannya wisata raja ampat, Papua. Di kepulauan ini kalian akan seperti berada di dunia fantasi dengan berbagai macam tempat wisata pantai yang semuanya tidak ada yang tidak bagus.

Pantai-pantai yang ada di Kepulauan Karimunjawa ini tersebar di setiap pulau yang ada, total ada sekitar 27 pulau. Kalian juga bisa melakukan aktifitas snorkeling, menyelam dan bermain-main bersama ribuan spesies ikan dan melihat ratusan jenis terumbu karang yang begitu mempesona. Pokoknya indah banget!

Wisata pantai kartini Jepara

Wisata pantai kartini Jepara
Wisata pantai kartini Jepara – foto: via mytrip123.com

Selanjutnya ada pantai kartini, pantai kartini ini tergolong pantai yang luas sekali, jika dihitung luasnya mencapai 3.5 hektare yang sudah dilengkapi dengan berbagai macam wahana permainan yang siap mengisi liburan kalian.

Ada mitos unik tentang pantai kartini, orang-orang percaya bahwa dengan mandi di pantai ini maka berbagai macam penyakit akan bisa hilang atau sembuh. Benar apa tidaknya, sepertinya kalian patut untuk mencobanya. Berlibur sambil berobat!

Wisata Pulau Panjang Jepara

Wisata Pulau Panjang Jepara
Wisata Pulau Panjang Jepara – foto: via mytrip123.com

Hanya berjarak sekitar 2.5 km kalian akan dipertemukan dengan pemandangan pulau Panjang yang memiliki garis pantai yang sangat panjang sekali dengan berhiaskan pohon kelapa yang ada hampir di sepanjang pantai tersebut. Pantai di pulau panjang Jepara ini juga terkenal dengan pasir putihnya yang bersih serta terumbu karang ada di sepanjang pantainya. Cocok sekali untuk snorkling, dijamin kalian tidak akan menyesal!

Wisata Air Terjun Songgolangit Jepara

Wisata Air Terjun Songgolangit Jepara
Wisata Air Terjun Songgolangit Jepara – foto: via mytrip123.com

Seperti yang sudah dijelaskan di awal tadi bahwa kota Jepara di bagian timur merupakan wilayah pegunungan, disitu terdapat sebuah air terjun tinggi yang bernama air terjun Songgo langit (bahasa jawa), yang memiliki arti “penyangga langit”. Dinamakan seperti itu karena air terjun ini memang tinggi sekali.

Tidak akan rugi jika kalian memutuskan untuk berlibur ke air terjun songgo langit ini, sebab disana kalian akan merasakan udara yang sangat sejuk sekali, melihat air terjun dengan volume air yang besar dan tinggi. Udara yang sejuk dan kombinasi embun akibat dari uapan air terjun songgo langit membuat tumbuh-tumbuhan di sekitar air terjun itu tumbuh dengan sangat subur sekali dan berwarna hijau. Dan kondisi seperti itu membuat banyak kupu-kupu menjadikan sekitar air terjun itu sebagai habitat terbaik mereka. Nah, bagaimana? Menikmati air terjun songgo langit dengan pemandangan hijau yang indah, udara yang sejuk serta banyak kupu-kupu, romantis sekali kan?

Wisata Benteng Portugis Jepara

Wisata Benteng Portugis Jepara
Wisata Benteng Portugis Jepara – foto: via mytrip123.com

Tidak hanya terkenal dengan pantai serta air terjunnya, di Jepara juga terdapat sebuah bangunan bersejarah peninggalan penjajah Portugis, bangunan tersebut bernama Benteng Portugis Jepara, yang terletak di daerah Donorojo tepatnya di desa Banyumanis.

Dengan mengunjungi tempat bersejarang ini, kalian bisa sekaligus menikmati 3 wisata sekaligus, yaitu benteng Portugis itu sendiri, perbukitan dengan pemandangan yang indah, serta pantai yang berada di belakangnya. Bagaimana? Lengkap kan? Jadi masukkan tempat ini ke dalam daftar kunjungan wisata kalian ketika hari libur nanti.

Wisata Pulau Mandalika

Wisata Pulau Mandalika
Wisata Pulau Mandalika – foto: via mytrip123.com

Ada lagi wisata kepulauan yang ada di kota Jepara yang wajib kalian kunjungi dan tidak boleh kalian lewatkan, pulau itu adalah wisata pulau Mandalika. Hampir sama dengan wisata pantai lain yang ada di Jepara, di pantai ini kalian bisa menyaksikan keindahan terumbu karang dan pasir putihnya yang menawan. Suasana di pantai juga sangat mendukung sekali untuk pasangan yang ingin berlibur. Untuk bisa ke pulau ini kalian butuh waktu 30 menit dengan menggunakan perahu nelayan, jaraknya sekitar 20 km dari desa ujung watu.

Bagaimana? Kalian pasti baru tahu kan kalau wisata kota Jepara itu tidak kalah keren dengan kota-kota wisata lain? Bagikan ke teman-teman kalian biar mereka tahu Jepara punya kekayaan yang menakjubkan. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...