Penyebab Bercak Merah Di Kulit Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Bercak Merah Di Kulit Dan Cara Mengatasinya

1128
memuat...

Harianpost.co.id – Bercak merah pada kulit disebut juga dengan ruam yang mana terjadi perubahan pada permukaan kulit yang sekaligus mengalami perubahan tekstur. Banyak hal yang menyebabkan munculnya bercak merah pada kulit, dan secara umum bercak-bercak merah tersebut disebabkan bisa karena alergi, karena infeksi, suhu panas dan lan sebagainya.

Bercak Merah Pada Kulit
Bercak Merah Pada Kulit – foto: alodokter.com

Bagi seorang wanita, kemungkinan penggunaan kosmetik bisa juga menyebabkan munculnya bercak merah kulit karena reaksi dari bahan-bahan kimia dari kosmetik tersebut. Dengan munculnya bercak merah pada kulit bisa membuat kepercayaan diri seseorang menghilang, selain itu kita juga akan bertanya-tanya apa sih sebenarnya yang terjadi pada kulit ketika bercak merah kulit tersebut muncul. Terlebih lagi jika munculnya bercak merah itu juga diiringi dengan rasa perih atau mungkin juga gatal-gatal, tentu akan sangat mengganggu sekali.

Jika kita simpulkan, maka ada dua penyebab munculnya bercak merah pada kulit, serta langkah-langkah untuk mengatasinya.

Dermatitis atopic

Dermatitis atopic bisa disebut sebagai penyebab munculnya bercak merah yang paling sering terjadi pada seseorang. Dermatitis atopic atau yang sering disebut sebagai eksim ini pada umumnya di permukaan kulit bagian tangan, kaki, serta tubuh bagian atas seperti leher.

Adapun sebab munculnya bercak merah akibat dari Dermatitis atopic ini masih belum bisa diketahui secara pasti. Hanya saja dari beberapa penelitian diketahui bahwa Dermatitis atopic ini muncul bisa dari kondisi tubuh yang kurang sehat seperti contohnya kulit yang mudah mengalami iritasi, kulit yang terlalu kering, adanya gangguan dari system kekebalan tubuh, lingkungan yang tidak sehat, dan yang paling sering adalah karena serangan bakteri.

Pada awalnya, munculnya eksim ini akan ditandai dengan rasa gatal yang teramat sangat gatal terlebih lagi ketika malam hari ketika suhu sedang dingin, selain rasa gatal juga akan ditandai dengan warna kulit di bagian tertentu mulai menunjukkan perubahan warna sedikit kemerahan, di bagian munculnya bercak itu juga akan terasa lebih kasar dan tebal, kemudian muncul bintik kecil yang berisi cairan.

Jika tanda-tanda diatas anda temukan di bagian tubuh anda, maka ada baiknya segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan sebelum terlambat. Eksim yang sudah parah akan sangat mengganggu dan terasa panas sekali, permukaan kulitnya pun udah tidak lagi memerah akan tetapi akan berubah menjadi seperti becek dan penuh dengan bakteri.

Untuk mencegahnya biasanya dokter akan langsung memberikan suntikan anti biotic, perlu kita tahu bahwa sekarang ini dokter tidak akan sembarangan memberikan suntik. Nah, jika dokter sudah memberikan suntikan untuk mencegah eksim, berarti bercak merah pada kulit bukanlah sesuatu yang dianggap remeh. Mungkin memang inilah cara yang terbaik untuk mencegah timbulnya bercak merah pada kulit menjadi semakin parah.

Keringat berlebih atau biang keringat

Munculnya keringat tidak selalu menjadi pertanda bahwa orang tersebut sehat, keringat berlebih justru merupakan kelainan yang harus di waspadai. Keringat juga bisa berkibat pada munculnya bercak merah pada kulit. Hanya saja, jika bercak merah pada kulit yang disebabkan oleh Dermatitis atopic tadi terasa gatal, maka bercak merah karena keringat tidak terasa begitu gatal tapi akan disertai dengan pembengkakan ringan.

Tempat munculnya bercak merah pada kulit yang sering terjadi karena keringat adalah paha, leher, dan bagian-bagian tubuh yang memiliki sudut. Bercak merah yang muncul pada permukaan kulit akibat keringat ini bisa disebabkan karena suhu yang terlalu lembab, terlalu panas, baju yang terlalu tebal dan ketat yang bisa menyebabkan kulit mudah teriritasi.

Sebenarnya bercak merah pada kulit karena biang keringat ini tidak begitu memerlukan pengobatan yang serius, sebab bercak merah seperti itu akan menghilang dengan sendirinya dan sembuh. Tidak seperti bercak merah karena Dermatitis atopic atau eksim. Hanya saja, kita bisa mempercepat hilangnya bercak merah tersebut dengan langkah-langkah seperti menjaga kelembaban dan tidak memakai pakaian yang terlalu ketat atau pakaian yang bisa menyimpan panas. Atau jika diperlukan anda juga bisa memakai lotion seperti calamine atau sejenisnya.

Selain bisa mengganggu penampilan, bercak merah pada kulit tentu akan sangat mengganggu kenyamanan ketika beraktifitas atau melakukan hal lainnya. Semoga gejala-gejala dan langkah-langkah untuk mengatasi bercak merah pada kulit diatas bisa membantu anda yang saat ini sedang mengalaminya. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...