Daftar Wisata Kota Pekalongan Yang Paling Terkenal

Daftar Wisata Kota Pekalongan Yang Paling Terkenal

1063
memuat...

Harianpost.co.id – Pekalongan adalah salah satu kota yang sekaligus juga sebagai kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Pekalongan memiliki kota dan kabupaten yang letaknya berhimpitan, biasanya sebuah kota yang terdapat kota sekaligus kabupaten letak kabupatennya akan mengelilingi kotanya. Pekalongan ini di bagian utaranya berbatan langsung dengan laut jawa, jadi letak kabupaten Pekalongan ini berada di pesisir jalur pantura.

Nama Pekalongan semakin terkenal sebagai pusat batik berkualitas yang ada di Indonesia dengan ‘Batik Pekalongan’, batik Pekalongan ini muncul sebagai tandingan dari batik Solo yang juga menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia.

Letak Pekalongan yang berada di pesisir jalur pantura ini membuat pekalongan tidak hanya terkenal dengan budaya batiknya saja, akan tetapi Pekalongan juga menyuguhkan tempat wisata yang mempesona. Mengingat bahwa keberadaannya di jalur pantura maka tempat wisata di kota/kabupaten Pekalongan ini juga banyak yang berupa wisata pantai. Lebih jauhnya berikut ini adalah tempat wisata kota Pekalongan yang sekarang mulai terkenal:

Wisata Pantai Pasir Kencana

Wisata Pantai Pasir Kencana
Wisata Pantai Pasir Kencana

Kota Pekalongan memang dijadikan sebagai kota pelabuhan di Pulau Jawa, jadi wajar jika banyak wisata pantai di kota tersebut, salah satunya adalah pantai pasir kencana yang terkenal dengan penataannya yang sangat rapi sekali sebab adanya batu-batuan yang dibangun sebagai pembatas. Tempatnya benar-benar sangat indah sebab sekitar pantai ini juga dibangun sebuah kompleks dan penataan lingkungannya juga sangat rapi sekali. Pokoknya bikin betah!

Wisata Pantai Slamaran

Wisata Pantai Slamaran
Wisata Pantai Slamaran

Tidak jauh dari pantai pasir kencana terdapat satu lagi pantai yang juga menawarkan keindahan tersendiri walaupun kedua pantai tersebut hanya dibatasi dengan sebuah pelabuhan saja, tapi pemandangannya benar-benar berbeda tapi sama-sama indahnya sebab pantai slamaran ini secara keseluruhan hampir mirip dengan pantai pasir kencana.

Menurut mitos masyarakat setempat, di pantai slamaran ini ada ‘pengunggu’nya yang kata mereka dia adalah sosok ‘Dewi lanjar’, jika kalian beruntung, biasanya kalian akan berkesempatan melihat secara langsung ritual orang-orang setempat mengadakan semacam sebagai bentuk penghormatan kepada Dewi Lanjar.

Wisata Pantai Wonokerto

Wisata Pantai Wonokerto
Wisata Pantai Wonokerto

Ada lagi wisata pantai di kota Pekalongan yaitu pantai Wonokerto yang wajib kalian kunjungi jika kalian datang ke Pekalongan. Di sore hari, pantai wonokerto ini menyuguhkan pemandangan sunset yang keindahannya susah dicarikan yang sebanding. Jika pada musim ikan, kalian bisa sekaligus berbelanja di tempat pelelangan ikan yang berada satu lingkungan dengan pantai wonokerto.

Wisata Curug Bajing

Wisata Curug Bajing
Wisata Curug Bajing

Di daerah Tlogopakis kabupaten pekalongan ada sebuah wisata air terjun yang sangat keren sekali, namanya adalah curug bajing. Dengan ketinggian sekitar 70 meter curug bajing ini mampu menyuguhkan pemandangan yang masih sangat alami sekali. Selain itu, bentuk air terjunnya yang seolah seperti sebuah tangga semakin membuat air terjun ini menjadi menarik. Mumpung belum banyak dikenal, kalian cepatlah berkunjung ke air terjun curug bajing, dijamin nggak bakalan menyesal.

Kawasan Wisata Linggo Asri

Kawasan Wisata Linggo Asri
Kawasan Wisata Linggo Asri

Kawasan wisata linggo asri ini terkenal sebagai tempat wisata keluarga, jadi sangat cocok sekali berlibur bersama keluarga tercinta ke kawasan wisata linggo asri ini. Di dalamnya ada banyak sekali pilihan wisata yang bisa kalian nikmati, antara lain rafting atau arung jeram, trekking, flying fox, wisata outbond, ada juga kebun binatang mini dan masih banyak lagi. Dinamakan ‘Linggo Asri’ sebab letak kawasan wisata ini berada di desa Linggo Asri, kecamatan Kajen – Pekalongan. Tempat wisata keluarga ini juga seringkali disebut sebagai “LA” (Linggo Asri) oleh anak-anak muda.

Wisata Curug Muncar

Wisata Curug Muncar
Wisata Curug Muncar

Tidak jauh dari curug bajing terdapat wisata air terjun yang juga tak kalah menariknya, yaitu curug muncar. Sama-sama air terjun, hanya saja nama curug muncar sepertinya lebih terkenal dari pada curug bajing. Tapi sebenarnya curug bajing lebih memiliki pemandangan yang indah.

Wisata air terjun yang satu ini memiliki kesamaan nama dengan wisata air terjun yang ada di Purworejo yang sama-sama memiliki nama Curug Muncar. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...