Gejala Dan Cara Mengobati Cacar Air Pada Anak Dengan Tepat

Gejala Dan Cara Mengobati Cacar Air Pada Anak Dengan Tepat

1042
memuat...

Harianpost.co.id – Di kalangan medis penyakit cacar air disebut sebagai varisela, dan anak-anak yang masih berusia di bawah 10 tahun akan sangat mudah terserang cacar air. Namun bukan berarti orang dewasa tidak pernah menderita penyakit cacar air, orang dewasa memang jarang sekali yang terserang cacar air, akan tetapi sekali mereka terserang maka munculnya cacar air akan lebih berat atau lebih parah dari pada anak-anak.

cacar air
Cacar air – foto: via alodokter.com

Penyakit cacar air ini menular, hanya saja jika orang tersebu sudah pernah menderita cacar air, maka tidak akan pernah tertular lagi.

Tanda-tanda munculnya penyakit cacata air yang disebabkan oleh virus varicella zoster ini biasanya adalah munculnya ruam pada permukaan kulit, dan ini adalah gejala utamanya. Lama kelamaan ruam tersebut akan berubah menjadi bintil merah yang di dalamnya berisi cairan. Walaupun pada akhirnya akan mengering dengan sendirinya namun butuk waktu lumayan lama sektiar 10 hingga 14 hari. Ketika mengering bentuknya akan mirip seperti koreng.

Semua bagian tubuh akan berpotensi ditumbuhi bintil-bintil akibat cacar air, entah itu di wajah, di tangan, di kaki, paha, kecuali alat vital. Gejala awal sebagai pertanda cacar air seperti ruam itu bisa menyebar ke seluruh bagian tubuh. Dan biasanya juga akan disertai dengan gajela-gejala lainnya yang sering ikut muncul, seperti:

  • Demam
  • Perut mual dan tubuh terlihat tidak segar
  • Nafsu makan berkurang drastis
  • Pusing-pusing
  • Rasa nyeri pada persendian

Tanda-tanda di atas biasanya akan dialami oleh penderita cacar air pada orang dewasa yang tingkatnya sudah parah. Setelah tanda-tanda di atas muncul biasanya baru akan bermunculan ruam yang teramat gatal sekali, namun perlu di garis bawahi bahwa tida ksemua orang yang menderita cacar air bisa mengalami tanda-tanda ruam yang sama. Ada juga sebagian orang yang hanya mcunul ruam di beberapa bagian tubuh tertentu saja ada juga yang mengalaminya di seluruh bagian tubh, bahkan hingga ke mulut dan daun telinga sekalipun.

Munculnya ruam sendiri biasanya akan melelui tiga tahap perubahan, yaitu:

  • Ruam itu akan menjadi bintil-bintil dan rasanya sangat gatal sekali.
  • Bitil-bintil itu lama-lama akan berisi cairan dan rasanya lebih gatal lagi, biasanya tak jarang juga akan cairan tersebut berisi nanah.
  • Setelah beberapa hari, bintil berisi cairan tersebut akan mengering dengan sendirinya yang kemudian akan mengelupas.

Cara mengobati cacar air

Sebenarnya, tidak ada obat khsusus untuk cacar air sebab cacar air itu akan sembuh dengan sendirinya tapi memang sangat menyiksa. Sementara tujuan pengobatan itu sejatinya hanyalah untuk mengurangi gejala-gejalanya sekalipun itu adalah obat dari dokter, untuk langkah-langkah sederhana yang dapat mengurangi gejala cacar air adalah sebagai berikut:

  • Perbanyaklah minum air putih dan usahakan untuk menghindari segala jenis makanan yang dapat menyebabkan sakit pad amulut, terlebih lagi makanan yang asin. Mencegah terjadinya dehidrasi itu sangat penting sekali bag ipenderita cacar air.
  • Jika memang sudah muncul bintil-bintil berisi cairan, jangan pernah sekali-sekali di garuk. Sebab itu bisa menimbulkan infeksi atau bahkan bisa menyebabkan muncul bintil lebih banyak lagi. Untuk anak-anak, bisa memakaikan pembungkus tangan dan kaus kaki untuk menghindari garukan.
  • Kosumsilah obat clhorphenamine untuk penderita cacar air berusia 1 tahun. Atau anda juga bis menambahkan lotion, bedak kalamin.
  • Sebisa mungkin untuk memakai pakaian yang berbahan kain lembut agar tidak terjadi gesekan antara kain dengan bintil-bintil berisi cairan agar tidak pecah.
  • Jika perlu, gunakan juga obat analgesic atau obat pereda sakit. Obat analgesic sseperti paracetamol itu nanti akan berfungsi ketika penderita mengalami gejala cacar air yang disertai dengan demam.

PERLU UNTUK DICATAT bahwa jangan sekali-sekali memberika aspirin kepada penderita cacar air yang masih anak-anak, sebab dengan memberikan aspirin kepada penderita cacar air yang masih anakbalita akan berpotensi besar terjadi sindrom reye yang bisa menyebabkan otak dan hati mengalami kerusakan serius. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...