Gejala, Penyebab, Dan Cara Mengatasi Darah Tinggi Di Usia Muda

Gejala, Penyebab, Dan Cara Mengatasi Darah Tinggi Di Usia Muda

835
memuat...

Harianpost.co.id – Setelah dilakukan survey di beberapa Negara, termasuk Indonesia, penyakit darah tinggi ternyata tidak hanya menyerang mereka yang usianya sudah tua. Hasil survey itu menunjukkan data yang cukup mengejutkan bahwa seseorang yang masih berusia 13 tahun hingga usia 18 tahun juga berpotensi terserang darah tinggi.

Gejala, Penyebab, Dan Cara Mengatasi Darah Tinggi Di Usia Muda
Gejala, Penyebab, Dan Cara Mengatasi Darah Tinggi Di Usia Muda

Darah tinggi atau biasanya disebut dengan penyakit hipertensi ini bisa menyerang seseorang dan gejalanya sulit sekali dilihat, terlebih lagi jika penderita darah tinggi itu masih berusia muda. Namun secara garis besarnya, terdapat gejala-gejala yang bisa dilihat dari penderita darah tinggi, berikut ini adalah beberapa gejala darah tinggi di usia muda yang wajib anda ketahui:

  • Sering terserang sakit kepala yang berulang-ulang dan datangnya sering secara tiba-tiba, rasa sakitnya bisa ringan bahkan bisa juga sangat sakit (parah).
  • Sering mengalami insomnia atau susah tidur di usia muda.
  • Terkadang juga ditandai dengan terjadinya pendarahan di hidung, entah itu pendarahan ringan atau berat.
  • Wajah menjadi merah dan biasanya akan berujung pucat ketika mereka yang berusia muda mengalami peningkatan tekanan darah.
  • Mudah mengantuk dan sering merasa haus sekalipun mereka sudah minum air putih.
  • Terjadi penurunan fungsi pada tulang, persendian dan otot di beberapa bagian tubuh.
  • Vertigo, atau kepala seseorang terasa seperti berputar-putar. Bagi kaum remaja biasanya akan jarang sekali terkena vertigo, dan jika mengalami hal itu di usia muda, hampir bisa dipastikan mereka menderita darah tinggi yang lumayan parah.
  • Sering tidak bisa fokus atau susah berkonsentrasi.
  • Dan gejala yang terakhir adalah sama seperti gejala yang dialami oleh penderita darah tinggi yang usianya sudah tua, yaitu mudah terseinggung dan biasanya sering panic.

Sedangkan faktor Penyebab Darah Tinggi di Usia Muda antara lain adalah:

  • Pola makan yang buruk. Sebagai seseorang yang masih dalam masa-masa produktif biasanya akan gemar mengkonsumsi makanan berlemak dan masakan yang mengandung banyak garam.
  • Kebiasaan untuk meneguk minuman beralkohol yang mana hal itu bisa merusak pembuluh darah dan akan berakibat pada peredaran darah orang tersebut menjadi tidak lancar yang akhirnya akan memicu terjadinya peningkatan tekanan darah.
  • Kebiasaan merokok di usia muda. Jadi, sebisa mungkin cegah putra anda untuk tidak merokok di usia dini, dan kalau bisa jangan sampai merokok.
  • Malas untuk berolah raga juga akan berakibat pada peredaran darah yang tidak lancar.
  • Faktor terakhir adalah karena keturunan atau genetik. Jadi anda yang saat ini belum menikah atau belum punya anak, sebisa mungkin untuk menjaga pola makan sehat dan gaya hidup yang sehat pula jika tidak ingin anak anda juga membawa penyakit yang diidap oleh orang tuanya.
  • Sering mengalami stress atau mengalami tekanan yang berat. Stress ini bisa mengakibatkan pembuluh darah menjadi sempit.

Sedangkan cara mengatasi atau mencegah darah tinggi di usia muda bisa dilakukan dengan cara-cara sebagai berikut:

Mengkonsumsi ramuan daun murbei

Rebuslah daun murbei dengan air kira-kira 3 hingga 4 gelas. Biar mendidih untuk beberapa saat hingga airnya hanya tersisa kira-kira satu gelas, minumlah air rebusan dari daun murbei itu dua kali dalam sehari secara rutin. Darah tinggi tidak akan lagi menyerang mereka yang masih berusia muda.

Ramuan bawah putih

Ramuan bawang putih ini tergolong mudah untuk membuatnya, anda tinggal mengambil beberapa suing bawah putih dan menghancurkannya. Bawang putih yang sudah hancut itu lantas anda campurkan ke dalam air yang masih panas atau hangat. Minumlah secara rutin hingga beberapa minggu, maka kandungan antibiotic dalam bawang putih tersebut akan bekerja menurunkan tekanan darah dengan cepat.

Ramuan daun seledri

Ramuan daun seledri ini mungkin masih sedikit asing di telinga, tapi ramuan ini ternyata juga dikenal sangat ampuh sekali menurunkan tekanan darah baik mereka yang masih berusia muda ataupun yang sudah tua. Ambillah beberapa helai daun seledri, cuci hingga bersih kemudian blender dengan mencamprkan air yang sudah masak. Minumlah secara rutin dan tunggu hasilnya.

Ramuan buah pace atau mengkudu

Pilihlah buah pace yang sekiranya sudah tua, sebelumnya mencucinya lebih baik kupas kulitnya terlebih dahulu. Sama seperti daun seledri tadi, blenderlah buah pace itu dengan campuran air secukupnya (jangan banyak-banyak), peras diatas saringan. Kemudian minumlah sari dari buah pace tersebut secara rutin sehari 2 hingga 3 kali.

Yang terakhir adalah dengan banyak-banyak mengkonsumsi buah pisang. Di dalam buah pisang itu terdaat banyak nutrisi yang berfungsi untuk melancarkan aliran darah serta mampu melindungi pemuluh darah dari terjadinya iritasi. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...