Daftar Wisata Kota Kebumen Ini Masih Layak Dikunjungi Kah?

Daftar Wisata Kota Kebumen Ini Masih Layak Dikunjungi Kah?

2470
memuat...

Harianpost.co.id – Di mata para traveling sepertinya kota Kebumen banyak dilewatkan begitu saja karena dianggap tidak memiliki tempat-tempat wisata yang layak untuk dikunjungi. Tapi ternyata mereka salah besar, sangat salah. Sebab kota Kebumen ini justru memiliki banyak tempat-tempat wisata yang tak indahnya dan tak kalah serunya dengan tempat wisata di kota lain.

Letak kota Kebumen yang salah bagian wilayahnya berbatasan langsung dengan Samudra Hindia sudah jelas akan memiliki banyak wisata pantai yang patut untuk dikunjungi. Sayangnya banyak dari pantai-pantai di kota kebumen itu yang belum terjamah oleh manusia.

Tapi perlu diingat bahwa wisata kota Kebumen itu tidak hanya sebatas pantai saja, ada gua dan air terjun yang menawarkan kesksotisan tersendiri, bahkan ada satu tempat yang sangat bersejarah yang juga dikenal sebagai benteng merah. Penasaran benteng apa? Simak baik-baik deretan tempat wisata di kota kebumen yang paling terkenal berikut ini:

Wisata Pantai Ayah / Pantai Logending

Wisata Pantai Ayah / Pantai Logending
Wisata Pantai Ayah / Pantai Logending

Pantai ayah ini juga sering disebut dengan nama pantai logending, dan pantai ini merupakan pantai andalan kota Kebumen. Jadi pantai ini sudah tentu sangat ramai dikunjungi wisatawan, dan bisa jadi paling ramai dari pada tempat-tempat wisata yang ada di kota kebumen.

Terlebih lagi pantai logending ini juga memiliki pasir putih yang bersih, membuat daya tarik pantainya semakin memikat. Kalian juga bisa berenang di pantai tersebut dengan nyaman sebab pantai ini di kelilingi oleh banyak tebing yang membuat ombaknya begitu tenang.

Wisata Pantai Suwuk

Wisata Pantai Suwuk
Wisata Pantai Suwuk

Setelah pantai ayah atau pantai logending, berikutnya ada lagi pantai yang juga tak kalah ramainya, yaitu pantai suwuk  yang setiap hari tampak tidak pernah sepi. Dinamakan pantai suwuk sebab pantai ini terletak di desa suwuk kecamatan puring. Dari pusat kota kebumen jaraknya sekitar 50 km, dan masih menjadi tetangga dari pantai karangbolong.

Wisata Curug Silancur

Wisata Curug Silancur
Wisata Curug Silancur

Menuju ke dataran tinggi di kota kebumen, ada salah satu pesona wisata air terjun yang bernama curug silancur. Jika kalian berkunjung ke tempat ini kalian akan merasakan kealamian di sekitar air terjun curug silancur sebab keberadaannya yang memang belum banyak diketahui oleh orang-orang.

Bagi kalian yang seorang traveler sejati sepertinya wajib untuk mengunjungi tempatt ini, selain masih alami dan segar, tempat juga sangat sepi sekali sebab rute menuju air terjun silancur ini tidaklah mudah. Tempat inipun belum diresmikan menjadi objek wisata oleh pemerintah, namun anda harus menitip kendaraan di rumah warga dan hanya membayar ganti parkir sebesar 5 ribu rupiah.

Wisata Sejarah Benteng Van der Wijck

Wisata Sejarah Benteng Van der Wijck
Wisata Sejarah Benteng Van der Wijck

Benteng Van der Wijck ini juga dikenal sebagai benteng merah, dari namanya saja sudah bisa ditebak kalau benteng ini merupakan penginggalan dari penjajah Belanda yang dibangun pada abad ke 18. Benteng ini juga yang menjadi saksi bisu perjalanan bangsa Indonesia yang sangat panjang itu.

Di dalam benteng Van der Wijck ini ada beberapa barak yang dulu dipakai sebagai barak para tentara dan pernah dijadikan sebagai sekolah militer oleh tentara Indonesia setelah kemerdekaan. Namun sekarang benteng Van der Wijck murni digunakan sebagai objek wisata sejarah saja.

Wisata Goa Jatijajar

Wisata Goa Jatijajar
Wisata Goa Jatijajar

Satu lagi objek wisata yang ada di dataran tinggi kota Kebumen, yaitu wisata goa jatijajar yang sudah memiliki popularitas di mata masyarakat Indonesia khususnya mereka yang gemar melancong. Goa jatijajar ini adalah salah satu gua kapur di Indonesia yang memiliki panjang sekitar 250 meter dan tingginya sekitar 12 meter.

Goa jatijajar juga termasuk dari salah satu wisata unggulan di kota kebumen mengingat bahwa goa ini punya popularitas yang besar di luar kota kebumen. Nah begitu, petualangan kalian ke kota kebumen sepertinya tidak akan pernah sia-sia dengan banyaknya tempat wisata di kota tersebut. Di atas itu hanyalah beberapa tempat wisata di kota kebumen yang terkenal saja, masih banyak tempat wisata lainnya yang mungkin belum pernah terjamah oleh manusia sekalipun. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...