Cara Mendapatkan Maanfaat Petroleum Jelly Dengan Benar

Cara Mendapatkan Maanfaat Petroleum Jelly Dengan Benar

259
memuat...

Harianpost.co.id – Seseorang yang memiliki kondisi kulit kering biasanya akan selalu tidak nyaman terlebih pada bagian wajah, dan hal itu tentu akan sangat mengganggu penampilan. Nah untuk itulah penggunaan Petroleum Jelly sebagai salah satu perlengkapan kosmetik menjadi solusi terbaik untuk melembabkan sekaligus merawat kesehatan kulit.

Manfaat Petroleum Jelly
Manfaat Petroleum Jelly

Petroleum Jelly sendiri adalah campuran padat hidrokarbon, dan Petroleum Jelly ini biasanya juga disebut sebagai ptreolatum. Ptreolatum terbagi menjadi empat jenis zat yaitu alami, buatan, turunan, dan sintetis. Untuk Petreolatum alami bisa diperoleh dari proses pemurnian minyak tanah yang berguna untuk menghilangkan baud an bisa mengubah warna.

Manfaat Petroleum Jelly bagi kelembaban kulit

Biasanya, petrolatum mempunyai bentuk putih dan bening serta berminyak. Sedangkan petrolatum putih itulah yang nantinya akan berfungsi sebagai zat untuk melembabkan kulit, penggunaan pelembab ini sangat membantu mereka yang mengalami kondisi kulit kering, terlebih lagi seseorang yang mengalami eksim atau deramatitis.

Nah untuk penyebab kulit kering sendiri bisa disebabkan karena faktor-faktor di bawah ini:

  • Hidup dalam lingkungan dengan kadar kelembaban yang sangat rendah
  • Sering berada di tempat dengan cuaca yang sangat panas atau sebaliknya, sangat dingin
  • Terlalu lama berendam di dalam air panas (hangat)

Manfaat petroleum jelly untuk perawatan kesehatan kulit

Petroleum Jelly dalam perannya merawat kulit mempunyai tiga fungsi. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Petroleum Jelly mampu melembabkan kulit dengan membentu sebuah lapisan minyak yang bisa memperlambat proses terjadinya penguapan air pada permukaan kulit seseorang
  • Mengurangi terjadinya gesekan pada permukaan kulit yang mana itu bisa menyebabkan kulit lecet.
  • Petroleum Jelly mampu mengurangi tingkat keparahan ketika terjadi penyakit kulit, seperti gatal, bersisik, eksim, dan lain-lain.

Sekalipun Petroleum Jelly ini aman digunakan pada permukaan kulit, akan tetapi anda tetap harus berhati-hati ketika hendak memakainya di sekitar hidung, sebab jell yang terhirup bisa merusak system pernapasan jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama. Jell tersebut akan berakibat fatal pada paru-paru seperti pneumonia lipid.

Agar aman, bagaimana cara memanfaatkan Petroleum Jelly?

Petroleum Jelly akan bekerja dengan pemakaian yang rutin, terlebih lagi ketika sebelum atau sesudah mencucui pakaian. Sebaiknya ikuti petunjuk pemakaiannya dengan terliti dan lakukan dengan hati-hati. Sebab perlu juga anda ketahui bahwa zat paraffin yang ada di dalam Petroleum Jelly  itu mudah sekali terbakar. Jadi sebaiknya jauhi api, rokok atau sumber api lainnya.

  • Jika ingin menggunakan Petroleum Jelly sesudah mandi, baiknya batasi waktu mandi kira-kira 5-10 menit dengan menggunakan air hangat, tujuannya untuk mencegah hilangnya kelembaban kulit.
  • Untuk mendapatkan hasil terbaik dalam pemakaian Petroleum Jelly setelah mandi, sebaiknya gunakan pakaian yang berbahan katun agar oksigen bisa dengan mudah diterima oleh kulit. Hindari memakai baju yang berbahan kasar seperti levis atau jeans.
  • Tolong diingat lagi, bahwa pemakaian Petroleum Jelly itu hanya untuk permukaan kulit saja.
  • Jangan terlalu banyak menggunakan Petroleum Jelly dalam sekali pakai, sebab pemakaian yang berlebihan justru akan berakibat pada terjadinya iritasi kulit.
  • Jangan menggunakan Petroleum Jelly di area tubuh yang sensitive, seperti sekitar mata, hidung atau mulut, terlebih lagi sekitar kelamin.

Itulah beberapa manfaat dari Petroleum Jelly dan bagaimana cara mendapatkan manfaatnya. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...