Wisata Alam Geothermal Kawah Kamojang

Wisata Alam Geothermal Kawah Kamojang

251
memuat...

Harianpost.co.id – Berada di ketinggian 1700 meter diatas meter, Kawah Kamojang atau biasa juga dikenal dengan Kawah Hujan ini berada 30 km dari pusat kota Bandung atau berada di perbatasan antara Garut dan Bandung.

Ketika memasuki area wisata alam ini, para pengunjung akan melihat beberapa kawah yang terlihat mengeluarkan asap belerang. Disini, semburan uap panas ini seolah-olah menyembur dari dalam perut bumi dan suara desisannya sangat keras hingga bisa terdengar sampai ratusan meter dari pusat semburan.

Pada mulanya, semburan panas ini adalah sumur bekas pengebran yang dilakukan pada tahun 1926 silam oleh pemerintah Belanda. Sumur ini pada awalnya bernama KMJ-3 dengan kedalaman sumur hingga 60 meter. Dan hingga kini semburan uapnya masih keluar.

Disebut kawah hujan dikarenakan semburan uap yang eluar dari lubang-lubang tanah terlihat seperti air hujan yang terjatuh. Uap panas ini kemudian menyembur ke udara sekitar dan membentuk seperti hujan kecil, seperti gerimis. Namun air yang menyembur ini tidak terasa panas, malah seperti air pegunungan seperti pada umumnya.

Di kawah ini, para wisatawan bisa melakukan mandi seperti seolah-olah sauna hingga sepuasnya, dengan suhu mencapai 95 derajat Celcius yang seperti menimbulkan uap seperti sauna di alam terbuka.

Komentar

Loading...