Cara Mencegah Jantung Lemah Dengan Tepat Dan Aman

Cara Mencegah Jantung Lemah Dengan Tepat Dan Aman

583
memuat...

Harianpost.co.id – Di antara banyaknya substansi-substansi organ di dalam tubuh manusia, organ tubuh bernama jantung memiliki perang paling penting dari yang lainnya. Jantung berperan sebagai pengendali semua system peredaran darah, sedangkan darah sendiri bukanlah cairan biasa akan tetapi darah adalah satu-satunya sumber makanan bag iseluruh organ tubuh yang lainnya. Maka pantas kiranya jika jantung berhenti, maka matilah semua organ tubuh.

Cara mencegah jantung lemah
Cara mencegah jantung lemah – foto: alodokter.com

Lantas bagaimana jika jantung itu mengalami kerusakan, kelainan atau gejala keburukan lainnya? Bicara soal penyakit jantung, banyak sekali jenisnya. Ada komplikasi serangan jantung, gejala awal penyakit jantung, gejala jantung bermasalah, jantung koroner, jantung bengkak, jantung lemah, infeksi jantung dan juga penyakit jantung lainnya.

Dari semua penyakit jantung tersebut yang sulit terlihat adalah penyakit jantung lemah. Jantung lemah adalah kondisi dimana jantung di dalam tubuh seseorang mengalami penurunan kemampuan atau daya kerja. Jantung lemah biasanya akan ditandai dengan aliran darah yang lambat bahkan tidak lancar. Jika hanya dilihat di wajah saja, penderita jantung lemah sama sekali tidak akan terlihat bahwa jantungnya sedang bermasalah.

Gejala Penyakit jantung lemah biasanya akan ditandai oleh beberapa hal, seperti:

  • Sangat mudah sekali kelelahan
  • Mudah kehilangan semangat
  • Sering dilanda rasa kantuk
  • Telapak tangan mudah basah atau berkeringat
  • Dan lain-lain.

Kondisi-kondisi seperti itu seringkali terjadi pada penderita jantung lemah. Ketika kinerja jantung melemah maka sudah pasti aliran darah menjadi tidak lancar dan biasanya kondisi itu juga akan dibarengi dengan darah kotor yang mana akan banyak mengakibatkan kondisi kesehatan seseorang semakin bertambah buruk.

Bisakah jantung lemah itu diobati atau dicegah? Jawabannya bisa. Sebab segala penyakit sebenarnya pasti selalu ada obatnya, dan tentu saja selalu ada cara untuk mencegahnya. Tak terkecuali jantung lemah, ada beberapa cara mencegah jantung lemah yang bisa kita lakukan. Di antaranya adalah sebagai berikut:

Sebisa mungkin Hindarilah makan sate kambing

Menjauhi makanan sate kambing bukan berarti selamanya tidak boleh makan sate kambing, tetap boleh akan tetapi jangan terlalu sering atau sekali makan jangan terlalu banyak. Dengan makan sate kambing darah seseorang akan cenderung naik karena sifat daging kambing yang panas, jadi sate kambing adalah salah satu faktor penyebab tekanan darah tinggi.

Ketika tekanan darah tinggi, maka darah yang masuk ke jantung juga sangat cepat sekali dan akhirnya membuat kinerja jantung menjadi lebih berat yang akhirnya akan sangat rawan sekali terjadi kondisi jantung lemah.

Jangan terlalu banyak mengkonsumsi ‘makanan asin’

Makanan atau minuman asin akan sangat rentan memicu tekanan darah tinggi, diatas tadi sudah dijelaskan bahwa darah tinggi akan sangat berbahaya bagi kinerja jantung yang berlebihan dan terlalu berat. Jadi baiknya jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang asin-asin terlebih lagi bagi seseorang yang sudah mempunyai riwayat penyakit jantung lemah.

Jauhi kondisi stress

Kondisi seseorang yang sedang stress juga sangat berpotensi membuat kondisi jantung menjadi lemah, sebab stress akan sangat berpengaruh pada seluruh system organ tubuh. Jadi cara terbaik untuk mencegah penyakit jantung lemah adalah jangan sampai anda stress terlebih lagi jika stress-nya terus menerus tiap hari.

Perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi

Zat besi banyak sekali terdapat dalam sayuran seperti bayam, kangkung dan sayuran hijau lainnya. Mungkin sebagian dari anda sudah tahu bahwa zat besi bisa membantu pembentukan sel darah merah dan itu akan sangat membantu kinerja jantung menjadi lebih stabil.

Itulah beberapa cara terbaik untuk mencegah penyakit jantung lemah yang wajib anda ketahui sebelum terlambat. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...