Gejala Anoreksia Yang Mirip Dengan Kebiasaan Sehari-hari

Gejala Anoreksia Yang Mirip Dengan Kebiasaan Sehari-hari

360
memuat...

Harianpost.co.id – Salah satu Gangguan kesehatan jiwa tentang bentuk tubuh atau dalam bahasa medisnya dikenal dengan sebutan anoreksia merupakan kondisi dimana kesehatan jiwa seseorang sedang mengalami masalah atau gangguan dan biasanya penderita anoreksia ini benar-benar merasakan phobia yang berlebihan pada kegemukan dan sangat terobsesi sekali untuk memiliki tubuh yang kurus. Bahkan saking takutnya, penderita terkadang masih merasa kurang puas dengan tubunya dan masih merasa bahwa tubuh yang dimilikinya itu masih terlalu gemuk padahal pada kenyataannya penderita anoreksia sudah kurus.

Gejala anoreksia
Gejala anoreksia – foto: merdeka.com

Dan setelah dilakukan penyelidikan, penderita anoreksia ini terjadi pada usia tertentu yang mana para penliti menganggap usia tersebut sangat rawan sekali seseorang akan mengidap gangguan jiwa atau anoreksia. Usia yang dimaksudkan adalah pada masa pubertas.

Karena itu, sangat penting sekali seseorang bisa mengenali gejala-gejala anoreksia agar seseorang bisa melakukan pencegahan sejak dini. Parahnya, gejala anoreksia ini seringkali tidak disadari oleh seseorang sebab ketakutan memiliki tubuh gemuk sering dianggap sebagai hal yang wajar terutama pada diri seorang wanita. Survei telah membuktikan bahwa wanita memang sangat lebih berpotensi mengalami anoreksia ketimbang laki-laki.

Berikut ini adalah beberapa gejala anoreksia yang wajib anda ketahui agar anda bisa mencegah gangguan anoreksia:

Sering bercermin dan terus memperhatikan tubuhnya

Kebiasaan ini masih merupakan gejala awal munculnya anoreksia pada diri seseorang. Mereka bercermin bukan karena memperatikan wajahnya, akan tetapi memperatikan bentuk tubuhnya terlalu sering karena takut tubuhnya melar dan gendut. Kebiasaan bercermin ini biasaya akan dibarengi dengan rasa khawatir yang terlalu berlebihan.

Sering menimbang berat badan

Hal ini ada hubungannya dengan kebiasaan bercermin tadi, selain memperhatikan tubuhnya dari kaca cermin, penderita anoreksia juga akan selalu menimbang berat badannya untuk memastikan bahwa berat badannya tidak naik. Jangankan naik satu kilo, naik satu ons saja mereka sudah seperti orang kebakaran jenggot.

Menolak makanan yang bisa menambah berat badan

Sekalipun makanan tersebut adalah makanan favoritnya, maka penderita anoreksi akan dengan tegas menolaknya. Pada umumnya, seseorang yang bertemu dengan makanan favorit akan langsung melahapnya. Jika orang tersebut sedang menjalankan diet, paling tidak akan mencicipinya walau hanya secuil atau satu suapan saja. Namun hal itu tidak akan pernah terjadi pada penderita anoreksia.

Sering memakai pakaian yang longgar

Tanda-tanda seseorang mengalami anoreksia bisa juga dilihat dari kebiasaannya dalam memakai pakaian, penderita anoreksia akan gemar memakai pakaian-pakaian yang longgar karena dengan begitu ia akan tampak lebih kurus. Jika anda memiliki saudara atau teman yang memiliki kebiasaan seperti ini, sebaiknya waspada dan berila pengertian tentang berat badan ideal, sebelum semuanya terlambat!

Perputaran menstruasi dan seks menjadi berubah

Untuk wanita, karena berawal dari kebiasaan menolak makanan itulah nutrisi yang masuk ke dalam tubuh mereka juga akan semakin berkurang dan hal tersebut akan mempengarahui hubungan seksualnya dan masa menstruasi. Masa-masa menstruasi yang terlambat tiga kali atau lebih sudah jelas tidak normal. Jadi, jika dari anda ada yang pernah mengalami hal ini sebaiknya segera cek kesehatan jiwa anda dan hentikan kekhawatiran pada berat badan ada sekarang juga.

Itula beberapa gejala anoreksia yang wajib anda ketahui, sekali lagi bahwa kebiasaan-kebiasaan diatas itu sama sekali tidak pernah kita sadari bahwa itu adalah salah satu gangguan kesehatan jiwa atau anoreksia. Jadi, waspadalah! (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...