Daftar Makanan Penurun Gula Darah Yang Mudah Didapatkan

Daftar Makanan Penurun Gula Darah Yang Mudah Didapatkan

1828
memuat...

Harianpost.co.idMakanan penurun gula darah itu pada dasarnya sangat mudah sekali didapatkan jika kita mau melihat lebih teliti lagi. Ambil saja satu contoh bawang putih, makanan penurun gula darah yang satu ini hampir selalu ada di dapur anda, jika pun tidak ada maka bisa membeli di pasar-pasar tradisional, dijamin ada. Dan masih banyak lagi contoh lainnya, nanti akan kita bahas satu persatu.

Makanan Penurun Gula Darah
Makanan Penurun Gula Darah, foto: alodokter.com

Setiap jenis makanan penurun gula darah itu mempunyai cara kerja yang berbeda-beda, sebab kandungan di dalam setiap makan penurun gula darah yang akan kita bahas ini nanti juga memiliki kandungan zat yang berbeda, maka kinerjanya pun juga akan berbeda. Ada yang mampu menurunkan resistensi insulin, ada yang berfungsi meningkatkan jumlah insulin, bahkan ada juga yang mengurangi kadar gula darah.

Intinya, ketika gula darah naik, maka penyakit yang akan sangat berpotensi muncul adalah diabetes. Namun demikian seorang penderita diabetes akan tetap bisa menjalani hidup sehat dengan menjaga gula darah agar tetap normal, caranya seseorang harus pintar-pintar dalam mengontrol asupan makanan.

Ada beberapa jenis makanan yang bisa menurunkan gula darah seseorang , makanan-makanan tersebut selain berfungsi untuk menurunkan gula darah juga mengenyangkan sekali serta tahan lama.

Apakah meningkatnya gula darah itu ada hubungannya dengan diabetes? Ada, dan hubungannya sangat erat sekali.

Orang yang terserang diabetes sudah tentu kadar gulanya naik tinggi bahkan melebihi batas normalnya. Itu diakibatkan oleh kebanyakan makan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi seperti contohnya nasi putih dan pasta. Nasi itu adalah makanan pokok kita, tapi nasi mengandung karbohidrat tinggi, lantas apa yang harus kita lakukan? Penuhi makanan-makanan penurun gula darah di bawah ini:

Buah Ceri

Zat anthocyanin banyak sekali terdapat pada buah ceri ini. bagi seorang wanita yang bisa secara rutin mengkonsumsi anthocyanin akan memiliki tingkat sensitivitas yang sangat tinggi sekali terhadap insulin. Jika sensitivitas tubuh menurun terhadap insulin, maka hormone tidak akan bekerja dengan baik dalam rangka melakukan control terhadap gula darah.

Buah Avokad

Buah avokad dengan segala manfaatnya yang bagus untuk kesehatan bisa menjadi pilihan yang tepat untuk meningkatkan gula darah dalam tubuh. Buah avokad ini mampu menurunkan resiko sindrom metabolic serta mengurangi beberapa penyakit yang salah satunya adalah diabetes. Buah avokad ini terkenal akan kandungan asam lemak tak jenuh.

Cuka sari apel

Cara mengkonsumsi cuka seri apel ini bisa dengan mencampurkan air dan dikonsumsi sebelum makan. Cuka sari apel sangat bermanfaat untuk membantu menugrangi peningkatan gula darah. Sudah banyak penelitian yang juga membuktikan bahwa mengkonsumsi cuka sari apel ini mampu meningkatkan tingkat sensitivitas tubuh terhadap hormone insulin.

Buah Blueberry

Kita tahu bahwa manfaat buah blueberry ini sangat banyak sekali, sama halnya dengan buah ceri, dalam buah blueberry ini juga banyak mengandung zat anthocyanin, selain itu ada juga zat serat larut, dan mampu menjadi makanan lezat bagi orang yang punya masalah obesitas dan ingin menurunkannya. Hal itu telah dibuktikan bahwa para penderita obesitas yang mengkonsumsi buah blueberry satu kali sehari selama enam minggu akan mampu memperbaiki kondisi tubuh mereka.

Itulah beberapa makanan penurun gula darah yang bisa anda dapatkan di sekitar rumah anda dengan mudah dan mempunyai khasiat yang banyak sekali untuk mengatasi masalah gula darah naik. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...