Cara Cek Kesehatan Jantung Sendiri Tanpa Alat Medis

Cara Cek Kesehatan Jantung Sendiri Tanpa Alat Medis

1200
memuat...

Harianpost.co.id – Kesehatan jantung sangat penting sekali untuk diperhatikan, sebab jantung merupakan organ tubuh yang sangat penting sekali. dengan memperhatikan kesehatan jantung, itu artinya kita juga memperhatikan seluruh kesehatan tubuh kita. Kita tahu bahwa kesehatan tentu sangatlah mahal sekali harganya, dan sebagai manusia yang dianugerahi kesehatan tentu kita harus menjaga kondisi kesehatan dengan sebaik mungkin.

Cara Cek Kesehatan Jantung Sendiri
Cara Cek Kesehatan Jantung Sendiri

Gangguan kesehatan jantung bisa sajam muncul kapan saja dan karena apa saja, yang lebih mengerikan adalah gangguan jantung itu juga bisa datang secara tiba-tiba tanpa ada gejala sebelumnya. Sudah banyak sekali kita dengar tentang serangan jantung mendadak atau sejenisnya. Terlepas dari semua itu, kita kali ini akan membahas tentang penyakit jantung yang memiliki tanda-tanda sebelumnya. Gejala-gejala penyakit jantung itu bisa kita amati sejak dini sehingga kita bisa mencegah terjadinya gangguan penyakit jantung yang lebih parah.

Penyakit jantung tergolong penyakit kronis yang mematikan dan sudah banyak sekali memakan korban jiwa, selain penyakit jantung ada lagi penyakit lainnya yang juga masih menjadi momok mematikan bagi kebanyakan orrang seperti contohnya penyakit stroke, diabetes, kanker dan lain sebagainya. Sementara itu penyakit jantung sendiri bisa terjadi karena gaya hidup, jadi tidak usah heran jika sekarang ini banyak sekali orang yang mengalami gangguan penyakit jantung.

Untuk mewaspadai penyakit jantung datang, kita perlu mengawasinya sejak dini melalui beberapa titik organ tubuh kita, jika di beberapa titik tersebut mengalami perubahan atau terjadi hal-hal yang tidak beres dan mengindikasikan terjadi penyakit jantung maka kita bisa segera memeriksakannya ke dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Untuk mengetahui kesehatan jantung seseorang itu banyak cara yang bisa kita lakukan, nah bagi kita yang tidak memiliki cukup uang untuk pergi ke dokter guna memeriksakan kesehatan jantung, kali ini tim harianpost akan memberikan beberapa bocoran tentang cara cek kesehatan jantung sendiri tanpa menggunakan alat medis.

Langsung saja, berikut ini adalah cara mengetahui kesehatan jantung sendiri tanpa bantuan alat medis:

Cek kesehatan jantung dengan mengamati Kaki

Bagian pertama organ tubuh yang harus anda perhatikan untuk mengetahui kesehatan jantung anda adalah kaki. Dengan melihat kaki, maka kita bisa mengetahui penyakit jantung dengan sangat mudah sekali sebab kaki adalah tempat gejala-gejala penyakit kronis seperti jantung dan batu ginjal muncul. Kaki yang di sela-sela jarinya tumbuh bulu halus bisa dipastikan orang tersebut tidak mengalami gangguan jantung, sebaliknya jika di sela-sela jari kaki tersebut tidak tumbuh bulu halus maka orang tersebut kemungkinan besar mengalami gangguan penyakit jantung.

Cek kesehatan jantung dengan memperhatikan Lidah

Cara untuk mengetahui kesehatan jantung yang kedua adalah dengan memperhatikan lidah. Lidah memang tempat berbagai indikasi penyakit muncul. Jika kondisi jantung seseorang itu normal maka warna lidah tersebut kemerah-merahan, jika warnanya pucat biasanya orang tersebut sedang mengidap penyakit tertentu. Jika orang tersebut mengalami gangguan kesehatan jantung, warna lidahnya ungu atau kebiruan. Jika sudah begitu segera periksakan kesehatan jantung anda ke dokter.

Cek kesehatan jantung dengan melihat Warna Kuku

Kuku ternyata juga bisa mengindikasikan berbagai macam penyakit salah satunya adalah penyakit jantung. Sayangnya kebanyakan orang bahkan sama sekali tidak peduli dengan kondisi kuku mereka dan menganggap perubahan warna kuku itu adalah kejadian yang normal. Jika warna kuku seseorang itu seperti keunguan, maka hampir bisa dipastikan orang tersebut mengalami gangguan penyakit jantung.

Cek kesehatan jantung dengan mengamati Mata

Saraf pada bagian penglihatan juga menjadi indikasi yang sangat penting sekali untuk mengatahui kesehatan jantung kita. Ketika jantung seseorang dalam kondisi yang sehat maka matanya akan terlihat bening, akan tetapi pada seseorang yang mengalami gangguan kesehatan pada jantung biasanya pada bola mata mereka akan muncul warna perak atau bahkan kadang-kadang warna perak tersebut membentuk sebuah cincin yang melingkar pada bola mata.

Cek kesehatan jantung dengan mengamati Telapak Tangan

Untuk bagian tubuh yang satu ini sepertinya sudah banyak orang yang tahu bahwa telapak tangan adalah tempat paling mudah mengetahui kesehatan jantung, seperti misalnya jika telapak tangan seseorang itu mudah berkeringat maka itu tanda orang tersebut mengalami gangguan jantung lemah, sedangkan jika warna telapak tangan orang itu pucat, sudah bisa dipastikan kesehatan jantung orang itu sedang terganggu atau mungkin malah sudah parah.

Cek kesehatan jantung dengan mengukur Lingkar Pinggang

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa serangan jantung itu dipengaruhi oleh obesitas atau kegemukan. Namun bagi seseorang yang tidak bisa gemuk dan ingin mengetahui kesehatan jantungnya bisa dengan cara mengukur lingkar pinggangnya, sebagian besar ukuran lingkar pinggang yang mencapai ukuran 88 cm telah mengalami gangguan penyakit jantung. Nah sekarang bagaimana dengan lingkar pinggang anda? (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...