Menikmati Keindahan Candi Ijo Yogyakarta Yang Penuh Misteri

Menikmati Keindahan Candi Ijo Yogyakarta Yang Penuh Misteri

268
memuat...

Harianpost.co.id – Banyak dari kita yang sudah mengenal beberapa candi di jawa tengah, seperti candi prambanan dan kemegahan candi Borobudur. Akan tetapi masih sangat jarang sekali orang yang mengenal tentang candi di Yogyakarta ini, namanya adalah candi ijo. Pernahkah kalian mendengar sebelumnya? Jangankan pernah mengunjunginya, Kami yakin dari kalian masih jarang yang tahu tentang keberadaan candi ijo ini terutama mereka yang tinggal di luar provinsi jawa tengah. Candi ijo ini terletak di ketinggian 375 meter diatas permukaan laut, jadi bisa dikatakan bahwa candi ijo merupakan satu-satunya candi yang paling tinggi yang ada di Yogyakarta, tinggi bukan karena ukuran candinya melainkan karena letaknya yang berada di dataran tinggi.

Candi Ijo Yogyakarta
Candi Ijo Yogyakarta

Mengingat letaknya yang berada di dataran tinggi, sudah bisa kita bayangkan kalau candi ijo punya panorama yang indah yang mana kita bisa melihat kota Yogyakarta dengan lebih bebas ditemani udara segar yang berhembus dan memberikan sentuhan lembut ke kulit siapa saja yang berada di sekitar candi ijo tersebut.

Jika kalian ingin tahu dimana letak candi ijo ini, lokasinya berada di dusun groyokan desa sambirejo kecamatan prambanan kabupaten sleman Yogyakarta. Lebih mudah lagi, lokasi candi ijo dekat sekali dengan bandara adi sucipto Yogyakarta, jadi kalian tidak perlu lagi bingung jika ingin mencari keberadaan candi ijo ini, jika kalian bisa menemukan bandara adi sucipto maka kalian akan dengan mudah menemukan lokasi candi ijo.

Dinamakan candi ijo sebab pada abad ke Sembilan candi ini dibangun diatas sebuah bukit yang disebut sebagai gumuk ijo atau bukit ijo. Selain itu, sebutan dari nama desa yang bernama Ijo tersebut pada dasarnya pertama kalinya disebutkan ke dalam sebuah prasati Poh yang sudah ada dari tahun 906 Masehi silam. Dalam prasasti itulah tertulis tentang seorang hadirin upacara yang asalnya dari desa Wuang Hijau.

Candi Ijo Yogyakarta
Candi Ijo Yogyakarta

Dengan begitu, bisa dikatakan bahwa nama candi ijo ini sudah bediri sejak lama sekali dan usianya candi ijo ini hampir mencapai 1100 tahun lamanya. Pemandangan di sekitar candi ijo ini memang sangat indah sekali dan nyaman. Candi ijo ini bebentuk seperti teras-teras yang meninggi dan dibagian timurnya terdapat pusat dari candi ijo tersebut.

Namun begitu, konon katanya candi ijo ini juga menyimpan banyak sekali misteri. Terdapat sebuah prasasti di dalam candi ijo ini, prasasti tersebut ada di teras candi ke Sembilan yang mana di dalam prasasti tersebut tertuliskan sebuah kata Bhuyutan atau Guywann yang memiliki arti tempat pertapaan. Tak hanya itu saja, ada prasasti lain yang mempunyai ukuran sekitar 14 cm dengan ketebalan 9 cm yang berisi tentang mantra. Mantra tersebut katanya adalah sebuah kutukan.

Akses menuju ke lokasi candi ijo ini tidaklah semudah yang kita bayangkan, tidak semudah kalian menuju ke candi prambanan atau candi Borobudur, sebab kalian perlu tenaga ekstra untuk bisa sampai ke candi ijo ini. Dari pasar prambanan, kalian perlu berjalan lagi sekitar 7 km sampai kalian bisa menemukan petunjuk agar bisa sampai ke area candi ijo ini. Lama waktu yang kalian butuhkan dari pasar prambanan menuju candi ijo kemungkinan sekitar 1,5 jam dengan menggunakan kendaraan baik dengan sepeda motor atau mobil.

Harga tiket masuk ke candi ijo ini juga sangat murah sekali, kalian hanya perlu mengeluarkan uang sebesar 2 ribu rupiah untuk sepeda motor sedangkan untuk kendaraan besar seperti mobil hanya dikenakan tariff sebesar 3 ribu rupiah. Murah kan ya? Apalagi pemandangan disini sangat menenangkan sekali dan udaranya juga sangat sejuk banget. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...