Efek Samping Daun Sirih – Positif dan Negatif

Efek Samping Daun Sirih – Positif dan Negatif

925
memuat...

Harianpost.co.idDaun sirih merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan dan kecantikan sebab di dalamnya banyak mengandung senyawa kimia yang baik untuk mengatasi berbagai macam penyakit dan gangguan kesehatan lainnya. Bagi mereka yang enggan untuk pergi ke dokter biasanya akan memilih untuk menggunakan cara alternative yang lebih alami dengan menggunakan daun sirih untuk mengobati penyakitnya.

Efek Samping Daun Sirih
Efek Samping Daun Sirih

Tanaman sirih memang asli berasal dari Indonesia tepatnya di daerah Riau. Tanaman sirih terkenal memiliki daun yang bersifat antibiotic dan antiseptic yang banyak sekali menawarkan berbagai macam kandungan yang sangat baik bagi kesehatan. Namun begitu kita juga perlu tahu tentang apa saja efek samping mengkonsumsi daun sirih bagi kesehatan, segala sesuatu pasti akan memiliki efek positif dan negatifnya, begitu juga daun sirih.

Berikut ini adalah beberapa efek samping daun sirih (positif dan negatif) yang perlu anda ketahui.

Efek positif daun sirih

Pertama kita akan kupas apa saja efek positif daun sirih untuk kesehatan tubuh kita, banyak hal yang dielu-elukan dari daun sirih ini sebab daun sirih memang banyak membantu seseorang untuk mengatasi masalah kesehatan mereka. Berikut efek positif daun sirih yang paling sering terjadi:

Menurunkan Risiko penyakit Kanker

Jika menggunakan daun sirih dengan benar maka daun sirih ini akan sangat bermanfaat sekali untuk membantu menurunkan resiko terjadinya penyakit kanker di dalam tubuh seseorang. Ini disebabkan daun sirih memiliki kandungan yang bernama alkaloid, polifenol serta flavonoid. Ketiga kandungan tersebut memiliki fungsi anti inflamasi dan antioksidan.

Membantu Mengatasi Jerawat

Banyak orang yang sudah percaya dengan kehebatan daun sirih ketika mereka berhadapan dengan masalah jerawat khususnya kaum wanita. Bahkan daun sirih mampu mengobati jerawat yang usianya sudah tahunan dan tak kunjung sembuh atau tak kunjung hilang.

Membantu Mengatasi Diare

Daun sirih juga sangat ampuh untuk membantu mengobati dan mengatasi penyakit diare secara maksimal. Ini karena di dalam daun sirih terdapat kandungan tannin yang sangat tinggi sekali yang mana tannin tersebut memiliki fungsi untuk melancarkan pencernaan dan sekaligus mampu menghentikan diare.

Menjaga Kesehatan Gigi

Di jaman dulu banyak orang yang mempercayakan daun sirih untuk menjaga kesehatan gigi mereka sebab hasilnya memang sangat luar biasa. Nenek moyang kita sering mengunyah daun sirih dengan tujuan agar gigi mereka terlihat bersih dan putih, hasilnya pun tidak diragukan lagi dan memang benar-benar sangat putih sekali. Hebatnya lagi, gigi menjadi semakin sehat dan kuat dengan mengunyah daun sirih.

Membantu Membersihkan Mulut

Daun sirih juga sangat membantu untuk menjaga kebersihan mulut seseorang dengan cara berkumur dengan daun sirih. Jika diatas tadi daunnya bisa menguatkan, menyehatkan dan memutihkan gigi dengan cara dikunyah-kunyah maka dengan menggunakan rebusan air daun sirih bisa membantu membersikan mulut dan kuman-kuman yang mengganggu.

Efek Samping Negatif Daun Sirih

Sekarang kita menginjak pada beberap aefek negative daun sirih bagi kesehatan. Sebenarnya efek negative ini akan muncul ketika penggunaan daun sirihnya berlebihan atau tidak pas dengan ukurannya. Selama ini kita pasti mengira bahwa daun sirih itu aman untuk digunakan kapan saja dan bagaimanapun caranya, memang aman akan tetapi jika terlalu berlebihan tentu saja akan tetap menimbulkan efek buruk.

Berikut ini adalah beberapa efek buruk daun sirih bagi kesehatan:

Terjadi Iritasi di Area Kewanitaan

Daun sirih memang sangat bagus sekali digunakan untuk menjaga kesehatan daerah kewanitaan dan sekaligus membersihkan area kewanitaan dengan menggunakan air rebusan daun sirih akan tetapi hal itu akan membuat daerah kewanitaan seseorang menjadi lebih mudah teriritasi.

Membunuh Bakteri Baik

Selain bakteri jahat, daun sirih ternyata juga mampu membunuh bakteri-bakteri baik yang berfungsi untuk memerangi bakteri jahat. Karena daun sirih tergolong tanaman herbal yang sifatnya keras sekali sehingga bakteri baikpun ikut dibasmi.

Mempercepat Detak Jantung

Setelah mengkonsumsi daun sirih terlalu banyak entah itu air rebusan daun sirih atau dengan cara lainnya, biasanya detak jantung akan menjadi lebih kencang dari biasanya dan ini sangat mengganggu sekali. Jika hal itu sudah terjadi, maka ada baiknya pemakaian daun sirih dihentikan sampai kondisi jantung membaik. Sebab jika tidak maka kemungkinan besar orang tersebut akan mengalami gagal jantung. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...