KamuHarusTau: Mahasiswa UEA Lindungi Mahasiswa Muslim Yang Sedang Beribadah

KamuHarusTau: Mahasiswa UEA Lindungi Mahasiswa Muslim Yang Sedang Beribadah

278
memuat...

Harianpost.co.id – Peristiwa mengharukan ini terjadi di University of East Anglia (UEA), Norwich beberapa waktu lalu. Disitu terlihat sebuah aksi kebersamaan yang ditunjukkan oleh sekumpulan mahasiswa yang dengan sengaja membentuk sebuah barikade, dan di tengah-tengahnya ada sekumpulan mahasiswa Muslim yang sedang mengerjakan ibadah shalat.

Mahasiswa Non-Muslim Lindungi mahasiswa Muslim yang sedang shalat
Mahasiswa Non-Muslim Lindungi mahasiswa Muslim yang sedang shalat

Foto aksi dari mahasiswa tersebut kemudian tersebar luas di internet dan langsung menjadi viral di media sosial Twitter. Sementara itu mahasiswa yang telah membentuk barikade itu juga menyertakan sebuah tulisan di poster yang berisi, “Kami hanya beribadah”.

Dikutip dari Huffington post, peristiwa itu adala bentuk dari protes mahasiswa atas penutupan mushalla (tempat ibadah kecil) yang dilakukan oleh ppihak kampus seminggu sebelum bulan Ramadlan tiba. Mushalla berukuran kecil itu sebelumnya memang disediakan untuk mahasiswa Muslim untuk mengerjakan shalat, namun tanpa alasan yang jelas pihak kampus akhirnya menutup mushalla tersebut dan merubah tempat itu menjadi koridor perpustakaan.

Alasan para mahasiswa menggelar aksi protes itu adalah karena pihak kampus tela mengabaikan kebutuhan beribadah para mahasiswanya yang beragama Muslim. Selain itu, Mushalla tersebut telah diubah menjadi ruangan yang keberadaannya sama sekali tidak dibutuhkan. Penutupan Mushalla tersebut juga telah menyinggung mahasiswa Muslim karena merasa ada diskriminasi, akibatnya ada sekitar lebih dari 4 ribu mahasiswa non-Muslim yang menandatangani aksi protes tersebut.

Sebelumnya, pihak kampus memberlakukan peraturan bagi mahasiswa Muslim untuk wajib memiliki kartu identitas keagamaan agar bisa mengakses mushalla tersebut, hal seperti itu tidak terjadi pada mahasisawa beragama lainnya. Ditambah lagi, sama sekali tidak ada perundingan terlebi dahulu atas penutupan Mushalla tersebut.

Yang lebih membuat haru lagi adalah bahwa Aksi protes itu akan terus dilakukan hingga pihak kampus memberikan solusi yang memuaskan mahasiswa Muslim. Sayangnya kebersamaan semacam itu tidak pernah ada di Negara kita. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...