Cara Menggunakan Google Text to Speech di Android

Cara Menggunakan Google Text to Speech di Android

177
memuat...

Harianpost.co.id – Di jaman sekarang ini google yang menjadi mesin pencari nomor satu di dunia sudah cukup lama sekali membuat banyak kemajuan dengan berbagai fitur-fitur yang disediakan untuk para penggunanya. Salah satunya adalah Google Text to Speech yang bisa membuat tulisan menjadi sebuah kata-kata ucapan. Sebenarnya, teknologi Text to Speech ini diciptakan oleh Google bagi mereka ynag menderita tuna netra agar bisa lebih mudah untuk menjalankan computer. Akan tetapi ternyata tidak hanya computer saja yang bisa melakukan hal itu, Google sudah mengembangkan teknologi Text to Speech android.

Cara Menggunakan Google Text to Speech di Android
Cara Menggunakan Google Text to Speech di Android

Sebenarnya percakapan Text to Speech ini sudah diperkenalkan oleh Google setahun yang lalu yang mana teknologi tersebut sudah ditanamkan di ponsel android 4.2.2 Jelly Bean. Teknologi tersebut oleh Google dilakukan pembaharuan kembali dengan merilis dua suara digital hight quality sekaligus yang sudah ditanamkan pada ponsel android kalian dan kalian akan seperti berbicara dengan orang lain.

Bagaimana cara menggunakan Google Text to Speech di Android? Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke menu Android Setting untuk mengaktifkan fungsi Text-to-Speech.
  • Masuk ke Language & Input Panel jika perangkat mobile kalian Android 4.2.2 atau lebih lalu pilih Text-to-Speech output di bagian bawah layar.
  • Klik Preferred Engine sebagai pengatur bahasa perangkat kalian.
  • Dalam tampilan ini kalian bisa memasang paket bahasa lain atau bahkan member ijin kepada Google untuk bisa atau tidak melakukan pembaruan aplikasi TTS menggunakan data seluler yang kalian punya.
  • Di bagian layar, kalian bisa memilih level tempat suara TTS digital berbicara serta pemasangan data suara tambahanseperti suara High Quality Google. Untuk perangkat Android 4.4 KitKat biasanya terdapat opsi tambahan untuk menampilkan status bahasa tetap.

Mampu untuk Readin’

  • Gunakanlah API agar pembaca aplikasi dan pihak ketiga e-book bisa bekerja sama dengan Google Text-to-Speech.
  • Dari menu pengaturan kalian bisa mengaktifkan Read Aloud sebagai fitur pendikte cerita cukup dengan cara mengaktifkan saja dan kalian akan di bacakan cerita oleh perangkat android kalian.
  • Sebagian besar e-book akan bekerja dengan fitur Read Aloud untuk kalian belajar bahasa dengan cara memformat novel teks yang di pilih untuk di bacakan.
  • Google Translate juga bisa mengucapkan kata dalam bahasa tertentu jika kalian sedang berada di Negara lain dan bingun untuk mengucapkan kata dalam bahasa Negara tersebut.

Sekali lagi perlu kita ingat baik-baik bahwa sebenarnya teknologi Text to Speech di android ini diperuntukkan untuk mereka yang menyandang tuna netra akan mereka juga memiliki kesempatan untuk menikmati kecanggihan tekonologi. Jadi agar teknologi google Text to Speech ini tidak mengganggu orang-orang di sekitar kalian baiknya kalian sedikit menurunkan suaranya di ponsel kalian.

Kira-kira seperti itulah cara menggunakan Google Text to Speech di android yang bisa kami berikan pada kalian semua. Selamat mencoba! (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...