Penyebab Darah Haid Berwarna Coklat

Penyebab Darah Haid Berwarna Coklat

1528
memuat...

Harianpost.co.id – Haid merupakan aktifitas alamiah yang terjadi pada seorang wanita dan selalu terjadi setiap satu bulan sekali dimana wanita tersebut akan mengeluarkan darah kotor selama beberapa hari. Akan tetapi jika warna darah tersebut tidak berwarna merah, maka hal itu akan menjadi sesuatu yang mengkhawatirkan. Sebab darah haid yang wajar adalah merah, dan jika darah haid berwarna coklat bisa jadi itu merupakan sebuah tanda adanya masalah pada kesehatan.

Penyebab Darah Haid Berwarna Coklat
Penyebab Darah Haid Berwarna Coklat

Pada sebagian kasus, perubahan warna darah haid dari menjadi lebih pekat atau warna darah haid berwarna coklat dianggap normal ketika wanita tersebut tidak cepat mengeluarkan darah kotor yang ada di dalam tubuhnya alias telat datang bulan. Sementara pendapat lain juga menyatakan bahwa darah haid berwarna coklat merupakan salah satu variasi warna darah haid.

Namun begitu sekali lagi bahwa perubahan warna darah haid menjadi coklat perlu kita waspadai sebab bisa jadi itu menjadi tanda bahwa tubuh kita dalam keadaan tidak sehat. Hal itu bisa diketahui dari penyebab darah haid berwarna coklat, nah berikut ini adalah beberapa penyebabnya:

Penyebab Darah Haid yang Berwarna Coklat

Sel Telur yang Sudah Matang

Ketika anda datang bulan dan mendapati darah haid berawarna coklat, jangan panic dan tidak perlu khawatir. Darah haid berwarna coklat biasanya selalu dialami oleh wanita pada hari-hari pertama haid dan juga hari-hari terakhir. Dan itu bisa terjadi karena karena sel-sel dinding rahim ikut luruh bersama darah haid. Sedangkan di dalam sel-sel dinding tersebut terdapat banyak sekali sel telur yang sudah matang yang mana biasanya akan menyebabkan adanya bercak-bercak coklat pada darah haid.

Terlalu Stres

Kondisi stress juga sangat mempengaruhi warna darah haid, sementara itu wanita secara kebetulan mudah sekali mengalami stress atau depresi. Dan ketika datang bulan mereka akan mendapati warna darah haid berwarna coklat. Jadi untuk menghindarinya, usahakan untuk menjauhi kondisi stress.

Siklus Haid yang Tidak Teratur

Masa-masa haid yang tidak teratur juga bisa menjadi penyebab terjadinya perubahan warna darah haid. Sedangkan datang bulan yang tidak teratur ini bukanlah hal yangperlu dikhawatirkan sebab sudah menjadi kasus yang sangat umum terjadi. Akan tetapi jika setiap bulannya selalu tidak tepat pada tanggalnya dan anda merasa tidak nyaman, baiknya anda segera memeriksakannya daripada anda stress.

Keguguran

Ternyata keguguran juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab darah haid berwarna coklat atau bahkan lebih gelap lagi. Gumpalan-gumpalan darah yang tadinya akan menjadi janin yang sudah pecah menjadikan warna darah haid tersebut menjadi lebih gelap dan pekat, biasanya keguguran ini seringkali terjadi karena wanita tersebut mengalami kelelahan dan kesalahan dalam mengkonsumsi makanan pantangan bagi ibu hamil.

Perubahan Hormonal

Saat terjadi ketidak seimbangan pada dua hormone di dalam tubuh wanita, maka saat itu bisa menjadi penyebab warna darah haid berwarna coklat ketika tiba masa datang bulan. Dua hormone tersebut adalah hormone estrogen dan progesterone, kedua hormone tersebut harus seimbang sebab kedua hormone itu berfungsi untuk mengatur produksi dan juga peluruhan dinding rahim. Dan ketika dua hormone tersebut mengalami gangguan maka darah haid biasanya akan berubah warna menjadi lebih gelap dan coklat. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...