Danau Sentarum, Danau Unik di Jantung Borneo

Danau Sentarum, Danau Unik di Jantung Borneo

237
memuat...

Harianpost.co.id Terletak di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, danau Sentarum merupakan sebuah komplek danau-danau yang terdiri dari 20 danau dan ditetapkan sebagai Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS) sejak tahun 1999 dengan luas sekitar 132.000 hektar, dengan sekitar 89.000 hektar terdiri dar hutan rawa tergenang dan 43.000 hektar daratan.

Yang membuat danau ini unik dan berbeda dengan danau-danau lainnya, danau ini sebenarnya adalah hamparan banjir, karena terletak di tengah-tengah jajaran pegunungan sehingga membuat kawasan ini sebagai daerah tangkapan hujan. Selama musim hujan, kawasan ini akan terendam air hingga kedalaman 6-14 meter. Dan ketika musim kemarau, sebagian besar wilayah danau akan kering dan terkadang ditumbuhi rumput-rumputan.

Keunikan lain dari danau ini dalah kekayan flora dan fauna yang tersimpan. Sebanyak 510 spesies flora dan 33 spesies diantaran adalah endemic TNDS, termasuk 10 spesies diantaranya merupakan spesies baru. Sedangkan untuk spesies fauna, diketahui sebnayak 141 spesies terdapat di TNDS dimana 29 spesies diantaranya merupakan spesies endemic dan 64%nya merupakan hewan mamalia endemic Borneo.

Komentar

Loading...