Cara Mencegah Dehidrasi Saat Puasa Paling Efektif

Cara Mencegah Dehidrasi Saat Puasa Paling Efektif

192
memuat...

Harianpost.co.id – Bagi semua orang Muslim, menjalanakan puasa Ramadlan sudah menjadi kewajiban dan ketika itu tidak boleh ada aktifitas makan dan minum selama sehari penuh. Bagi sebagian orang puasa akan menjadi sebuah tantangan besar jika melakukannya ketika cuaca sedang ekstrim atau terlalu panas. Banyak sekali resiko yang harus dihadapi, mulai dari rasa haus yang begit uhebat bahkan sampai dehidrasi. Akan tetapi karena puasa adalah sebuah kewajiban dan itu adalah perintah Tuhan, maka kita harus patuh dan mentaatinya.

Cara Mencegah Dehidrasi Saat Puasa
Cara Mencegah Dehidrasi Saat Puasa

Untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan ketika puasa, ada beberapa cara untuk mencegah dehidrasi saat puasa dan cara ini sangat efektif sekali. Perhatikan baik-baik cara agar tida kdehidrasi saat puasa di bawah ini:

Menghindari Makan Gorengan

Kita sebagai orang Indonesia tentu sudah sangat akrab sekali dengan makanan yang satu ini terutama ketika bulan puasa datang. Makanan gorengan akan menjadi makanan ringan paling nikmati untuk dinikmati bersama keluarga ketika malam hari. Akan tetapi tahukah kita bahwa dengan mengkonsumsi gorengan kita akan berhadapan dengan bahaya kekurangan cairan? Fakta telah banyak yang membuktikan bahwa dengan mengkonsumsi gorengan ketika malam hari akan mudah mengalami rasa lelah yang luar biasa dan akan mudah merasakan haus yang luar biasa.

Mengurangi Olahraga Kardio

Olah raga memang boleh-boleh saja tetap dijalankan ketika kita menjalankan puasa, akan tetapi baiknya anda untuk sementara ini benar-benar menghindari  olah raga kardio selama bulan puasa. Mengurangi waktu olah raga kardio adalah cara terbaik untuk mencegah terjadinya dehidrasi, perbanyaklah minum air putih untuk tetap menjaga agar tubuh tidak kekurangan cairan begitu cepat.

Menambah Air Garam pada Minuman

Sebagian orang punya cara tersendiri agar tubuh mereka tidak terlalu cepat kehilangan cairan ketika menjalankan ibadah puasa di siang hari dengan menambahkan garam pada minuman mereka ketika sahur. Kita tentu sudah tahu banyak tentang manfaat garam, di dalamnya mengandung banyak sekali nutrisi yang mampu mengurangi resiko dehidrasi selama menjalankan puasa.

Perbanyak Mengonsumsi Air Kelapa

Dari pada anda minum sirup atau minum sesuatu yang berbau santan, akan jauh lebih baik jika anda minum air kelapa. Minum minuman bersantan hanya akan membuat tenggorokan kita mudah kekeringan, sedangkan air kelapa itu mengandung karbohidrat dan sodium yang cukup tinggi bahkan mencapai 95 persen. Jadi perbanyaklah minum air kelapa untuk tetap menjaga tubuh anda terhindar dari dehidrasi.

Mengonsumsi Jeruk

Di dalam buah jeruk itu mengandung banyak sekali vitamin C yang sangat tinggi. Maka dengan mengkonsumsi buah jeruk sudah bisa dipastikan bahwa dehidrasi akan mudah sekali dicegah dan dihindari. Bahkan bisa mencegah terjadinya sariawan karena kekurangan vitamin C akan sangat mudah sekali mengalami sariawan.

Mengonsumsi Nanas

Di dalam buah nanas itu mengandug bromelan yang sangat tinggi sekali serta mampu mencegah tubuh dari berbagai macam inflamasi karena buah nanas juga memiliki zat anti inflamasi yang tinggi sekali. Bahkan asam amino yang terdapat di dalam buah nanas mampu menjaga daya tahan tubuh untuk tetap bugar, segar dan sehat. Akan tetapi bagi anda yang memiliki gangguan pencernaan, baiknya jangan terlalu banyak mengkonsumsi nanas karena buah nanas itu sifatnya keras sekali.

Mengonsumsi buah Delima

Buah delima merupakan buah yang juga sangat baik sekali untuk dikonsumsi selama bulan puasa untuk mencegah dan menghindari dehidrasi sebab kandungan air di dalam buah ini banyak sekali. Buah delima juga mengandung banyak sekali limonoids sertakalori yang tinggi sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh terutama untuk mencegah pertumbuhan sel kanker. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...