Air terjun Yeh Mampeh, Spot Ngadem Terbaik Di Bali

Air terjun Yeh Mampeh, Spot Ngadem Terbaik Di Bali

263
memuat...

Harianpost.co.id – Kawasan wisata pulau bali di bagian utara dari dulu memang sangat terkenal dengan wisata di lovina yang menyuguhkan atraksi ikan lumba-lumbanya serta keberadaan beberapa air terjun terbaik yang memiliki daya tarik kuat bagi wisatawan untuk selalu ingin mengunjunginya. Banyak sekali air terjun terkenal ada di Bali bagian utara ini, mulai dari air terjun Gitgit, air terjun les dengan keindahan alamnya yang begitu fantastis, dan masih banyak lagi.

Air terjun Yeh Mampeh Bali2
Air terjun Yeh Mampeh Bali2

Air terjun les di buleleng inilah yang akan kita bahas karena kemegahannya yang begitu luar biasa. Air terjun les di buleleng ini memiliki nama lain yaitu air terjun Yeh Mampeh yang artinya air terbang, dinamakan seperti itu sebab air terjun yang memiliki tinggi sekitar 30 meter ini terlihat seperti terbang hingga ke permukaan air di bawahnya.

Nah, jadi kalian yang belum pernah kesini atau mungkin malah sama sekali belum pernah mendengar nama air terjun Yeh Mampeh ini sekarang bisa direncanakan kembali dan memasukkannya ke dalam daftar wisata tujuan kalian berikutnya.

Ketika kalian berada di sektiar air terjun Yeh Mampeh, kalian akan merasakan sensasi yang  sangat berbeda dengan air terjun lainnya. Ya, kalian seakan-akan sedang terpa oleh sekumpulan embun yang sangat segar sekali, dan memang cocok untuk menyegarkan pikiran dan tubuh kalian. Selain itu, kalian juga pasti akan terbuai dengan keindahan di sekitar air terjun Les di buleleng bali ini. Lokasi air terjun Yeh Mampeh ini berada di Buleleng bagian timur, dari pusat kota singaraja jaraknya sekitar 38 km.

Air terjun Yeh Mampeh ini tepatnya berada di desa Lec Kecamatan Tejakula Kabupaten Buleleng. Keindahannya semakin terlihat sebab keberadaan air terjun Yeh Mampeh ini berada diantara perbukitan Tangudi serta bukit Pungsu yang mana kedua perbukitan itu terkenal dengan udaranya yang sangat sejuk sekali. Jika kalian benar-benar akan mengunjugi air terjun Yeh mampeh ini kalian juga bisa menginap di Lovina dan Tulamben yang terkenal memiliki pemandangan indah sekali, jadi liburan kalian akan terasa sempurna.

Air terjun Yeh Mampeh Bali
Air terjun Yeh Mampeh Bali

Di kawasan air terjun Yeh Mampeh ini terdapat parkiran yang cukup luas sekali, sedangkan lokasi air terjun yeh mampeh jaraknya sekitar 500 meter dari tempat parkir tersebut dan hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki, tidak terlalu jauh kan? Tapi percayalah, keindahan air terjun yeh mampeh Bali ini sangat sebanding dengan usaha jauhnya perjalanan kalian menuju ke lokasi air terjunnya. Segala rasa jenuh dan bosan agar lenyap dalam sekejap ketika kalian tiba di lokasi air terjun yeh mampeh.

Dan yang lebih membuat wisata air terjun Yeh Mampeh ini semakin menarik adalah keberadaan mata air Toya anakan yang ada di sekitar air terjun tersebut. Mata air toya anakan itu digunakan untuk pengambilan air suci ketika mengadakan kegiatan upacara yadnya bagi mereka yang menganut agama Hindu. Mata air toya anakan itu hingga sekarang dijadikan sebagai tempat yang sangat sacral sekali dan warga setempat selalu menjaga kesucian serta menjaga keselestariannya. Nah, karena warga selalu menjaganya maka tak heran jika di sekitar mata air toya anakan itu suasana asri sekali dan enak banget buat jalan-jalan. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...