Daftar Candi di Klaten Yang Paling Terkenal Di Indonesia

Daftar Candi di Klaten Yang Paling Terkenal Di Indonesia

545
memuat...

Harianpost.co.id – Klaten merupakan salah satu kota Di jawa tengah yang juga memiliki banyak peninggalan sejarah Indonesia. Di Klaten ini kalian akan sering bertemu dengan situs-situs bersejarah seperti candi. Candi yang paling terkenal di Klaten adalah candi Prambanan yang sekaligus menjadi ikon dari kota Klaten. Candi-candi di Klaten tersebut hingga sekarang ini masih terjaga dan terawat dengan sangat baik sebab candi-candi di klaten itu sudah dikelola oleh pihak pemerintah daerah dan sebagian candi sudah mengalami pembenahan di sekitarnya seperti pembenahan taman-taman di sekitar candi dan juga batu-batu candi yang berjatuhan yang kemudian di tata kembali ke tempat asalnya.

Kalian jangan terburu-buru menilai bahwa berkunjung ke candi-candi di klaten ini akan membosankan, beda dengan berlibur ke pantai-pantai di jawa tengah. Justru dengan mengunjungi candi-candi di klaten ini kalian akan bisa lebih mengenal lagi sejarah-sejarah perkembangan peradaban Negara Indonesia dari dulu hingga sekarang. Dan kalian akan bisa merasakan betapa orang-orang dulu itu mampu membangun sebuah bangunan yang sulit sekali ditirukan oleh orang-orang modern. Padahal jika dipikir-pikir peralatan mereka ketika itu juga sangat terbatas, tidak alat berat untuk membantu membangun candi—candi yang menjulang tinggi dan kokoh.

Oleh karena itulah, dengan berkunjung ke candi-candi di klaten jawa tengah, kalian akan mendapatkan banyak sekali pengalaman yang menyenangkan sekaligus bisa mendapatkan pengetahuan tentang sejarah peradaban bangsa Indonesia.

Langsung saja, berikut ini adalah beberapa candi di klaten yang sudah sangat populer di Indonesia:

Candi Prambanan

Candi Prambanan
Candi Prambanan

Candi prambanan atau juga dikenal dengan sebutan candi Roro jonggrang ini menjadi candi pertama yang paling terkenal di klaten. Bahkan keberadaannya menjadi tandingan dari candi Borobudur yang terkenal sangat megah. Lokasi candi prambanan ini ada di perbatasan kabupaten klaten dan procinsi Yogyakarta. Candi prambanan ini bahkan terkenal sebagai candi yang paling eksotis di Indonesia, jadi wajar jika candi prambanan ini banyak sekali dikunjungi oleh wisatawan asing. Mengenai sejarah candi prambanan ini pastinya kalian sudah banyak yang tahu, jadi kami tidak perlu untuk membahasnya.

Candi Plaosan

Candi Plaosan
Candi Plaosan

Candi di klaten berikutnya adalah candi plaosan yang juga merupakan candi populer di jawa tengah dan terkenal dengan candi yang sangat unik sekali. Letak candi plaosan ini ada di Jl Candi Plaosan – Bugisan – Prambanan Kabupaten Klaten. Jika kalian sedang berada di lokasi candi prambanan, maka artinya kalian juga sudah dekat sekali dengan candi plaosan sebab jaraknya hanya beberapa kilometer saja dari candi prambanan. Tapi jika dibandingkan dengan candi prambanan, pengunjung candi plaosan masih sangat jauh lebih sedikit. Candi plaosan ini juga disebut sebagai candi kembar oleh masyarakat sekitar sebab di candi plaosan ini terdapat dua buah candi yang memiliki bentuk serupa, itulah yang membuat candi plaosan ini menjadi candi yang sangat unik sekali.

Candi Sewu

Candi Sewu
Candi Sewu

Kisah sejarah candi sewu ini erat sekali dengan Rorojonggrang dan bandung bondowoso yang mana bandung bondowoso dulu telah gagal untuk memenuhi permintaan putri Roro Jonggrang untuk membuat candi berjumlah seribu, karena gagal hingga akhirnya bandung bondowoso mengutuk Roro Jonggrang menjadi batu. Sewu berarti seribu, tapi bukan berarti candi sewu ini jumlah genap seribu. Disebut candi sewu sebab disitu terdapat banyak sekali candi yang jumlah sulit untuk dihitung tapi yang jelas tidak sampai seribu.

Sama halnya dengan candi plaosan tadi, keberadaan candi sewu ini juga tidak jauh dari candi prambanan dan bahkan bisa dikatakan candi sewu ini masih satu kawasan dengan candi prambanan. Jadi, jika kalian sedang berada di kompleks candi prambanan, kalian bisa langsung menikmati indahnya cand sewu yang bertebaran di sekitarnya. Sebenarnya, kompleks candi prambanan ini terbagi menjadi dua wilayah yaitu kota klaten dan kota sleman. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...