Daftar Wisata di Temanggung Yang Paling Populer

Daftar Wisata di Temanggung Yang Paling Populer

897
memuat...

Harianpost.co.id – Sebelumnya,nama kota Temanggung kemungkinan besar masih sangat asing sekali dengan kita. Kota Temanggung sempat populer ketika terjadi penggerebekan teroris yang ditayangkan secara live. Mulai saat itu, nama kota Temanggung semakin banyak dikenal masyarakat. Tapi jangan salah, di balik namanya yang mencuat ke media dengan kasus teroris, Temanggung ternyata juga terkenal dengan tempat wisatanya yang mengagumkan. Selain itu, nama kota Temanggung semakin kesini dikenal sebagai kota penghasil tembakau terbaik di Indonesia, yaitu tembakau srinthil yang sudah digunakan oleh banyak perusahaan rokok ternama di Indonesia.

Terlepas dari semua itu, kota Temanggung secara geografis mempunyai letak yang sangat unik sekali. Ya, kabupaten Temanggung diapit oleh dua gunung besar yaitu gunung sindoro dan gunung sumbing. Kondisi seperti itu membuat kota Temanggung menyimpan pesona alam indah yang dulunya jarang diketahui oleh banyak orang terutama wisatawan dari luar kota.

Akan tetapi lambat laut tempat-tempat wisata di kota temanggung satu demi satu mulai dikenal banyak wisatawan karena memang memiliki pesona yang luar biasa. Nah, berikut ini adalah beberapa tempat wisata di kota temanggung yang sekarang ini sudah sangat populer di mata wisatawan:

Dataran Tinggi Posong

Dataran Tinggi Posong
Dataran Tinggi Posong

Wisata temanggung pertama yang akan kita datangi adalah dataran tinggi posong. Dataran tinggi posong ini merupakan sebuah tempat yang terletak di ketinggian sekitar 2000 meter diatas permukaan laut yang menyuguhkan sebuah pemandangan super megah, mewah dan sangat instimewa sekali. Bahkan banyak sekali wisatawan yang setelah mengunjungi dataran tinggi posong itu berpendapat bahwa keindahan dataran tinggi posong ini sebanding dengan keindahan dieng plateau wonosobo. Dataran tinggi posong semakin terasa indah ketika pagi hari sebab kalian bisa menikmati pemandangan sunrise yang luar biasa megahnya.

Selain itu kalian juga bisa menikmati 7 puncak gunung dari dataran tinggi posong dengan sangat leluasa. Puncak-puncak tersebut adalah gunung sumbing, merapi, merbabu, telomoyo, andong ungaran dan gunung muria. Di dataran tinggi posong juga sudah disediakan banyak homestay bagi mereka yang ingin menginap di dataran tinggi posong dengan harga yang sangat terjangkau. Gimana, enak kan?

Kledung Pass

Kledung Pass
Kledung Pass

Sebenarnya kedung plass ini adalah nama dari sebuah kecamatan yang lokasinya berada di gunung sindoro dan gunung sumbing. Di kecamatan ini terdapat sebuah jalur yang menghubungkan yang menghubungkan kabupaten temanggung dengan kabupaten wonosobo. Nah, di jalur inilah terdapat sebuah tempat yang sangat menarik sekali yang bernama kedung plass, sebuah tempat terbuka dengan pemandangan yang luar biasa menarik dan sangat indah sekali. Di sekitar kedung plass ini kalian bisa menikmati hijaunya tumbuh-tumbuhan yang telah sengaja dibudidayakan oleh masyarakat sekitar sehingga membuat suasana semakin segar.

Curug Surodipo

Curug Surodipo
Curug Surodipo

Di temanggung ini kalian juga bisa menemukan sebuah curug yang masih sangat asri dan alami sekali dengan panorama yang begitu menakjubkan, namanya curug surodipo atau juga dikenal sebagai curug trocoh. Lokasinya berada di desa tawangsari kecamatan wonoboyo. Curug surodipo ini terbilang curug yang sangat tinggi sekali, yaitu memiliki ketinggian sekitar 120 meter dengan pemandangan yang benar-benar wah sekali. Jadi, jika kalian ingin berpetualang di temanggung, jangan pernah lewatkan curug surodipo, itu saran kami.

Curug Onje

Curug Onje
Curug Onje

Masih sekitar curug di temanggung, kali ini kita menuju ke curug onje, curug yang terkenal dengan 7 air terjun berjajar dengan rapid an sangat indah sekali. Di dukung dengan airnya yang begitu jernih membuat siapa saja yang berkunjung ke curug onje ini seakan tak ingin kembali pulang. Dengan air jernihnya itu, curug onje sangat cocok sekali untuk mandi dan basah-basahan. Curug onje saat ini menjadi tempat wisata di temanggung yang sangat populer sekali.

Embung Tlogopucang

Embung Tlogopucang
Embung Tlogopucang

Beralih ke tempat wisata lainnya, di temanggung juga terkenal dengan kota yang memiliki banyak tempat seperti embung, salah satu embung terbaik di Temanggung adalah embung tlogopucang. Dinamakan sebagai tlogopucang sebab keberadaan embung ini memang berada di desatlogopucang kecamatan kandangan kabupaten temanggung. Embung tampak indah sekali karena lokasinya berada di perbukitan, dari situ jelas sekali keindahan dari tlogopucang. Dari embung tologplucang ini kalian bisa melihat kemegahan gunung sindoro, gunung sumbing dan gunung prau.

Curug Lawe

Curug Lawe
Curug Lawe

Dari wisata embung di temanggung, kita kembali lagi ke wisata curug, yang berikutnya adalah curug lawe. Banyaknya curug di kota temanggung ini karena memang wilayahnya yang sebagian besar adalah perbukitan, nilai plusnya curug-curug di temanggung ini semuanya indah, dan bikin kangen. Lokasi curug lawe ini ada di desa muncar kecamatan gemawang kabupaten temanggung. Air terjun di curug lawe ini terlihat seperti benang-benang putih yang terlihat begitu indah sekali, dari situlah awal mula penamaan curug lawe yang berarti untaian benang putih. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...